AS Izinkan Suntikan Vaksin Booster Pfizer dan Moderna

Washington: Amerika Serikat (AS) pada Jumat 19 November 2021 mengizinkan vaksin booster atau penguat dari Pfizer dan Moderna. Menurut Badan Pengawas Obat dan Makanan AS (FDA), vaksin ini akan disuntikkan untuk semua warga berusia 18 tahun ke atas.
 
Vaksin booster sebelumnya tersedia untuk warga dengan kekebalan yang dikompromikan, di atas 65-an, orang-orang dengan risiko tinggi penyakit parah dan orang-orang dalam pekerjaan berisiko tinggi.
 
“Keputusan itu membantu memberikan perlindungan berkelanjutan terhadap covid-19. Termasuk konsekuensi serius yang dapat terjadi, seperti rawat inap dan kematian,” kata penjabat komisioner FDA Janet Woodcock, seperti dikutip AFP, Sabtu 20 November 2021.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?



“Otorisasi penggunaan darurat ini datang pada saat yang kritis ketika kita memasuki bulan-bulan musim dingin dan menghadapi peningkatan jumlah kasus covid-19 dan rawat inap di seluruh negeri,” tambah CEO Moderna Stephane Bancel.
 
FDA mengatakan keputusannya didasarkan pada data respons imun yang kuat dari ratusan orang yang diberi dua vaksin.
 
Vaksin Pfizer diberi dosis 30 mikrogram, sama dengan seri primer, sedangkan vaksin Moderna 50 mikrogram, setengah dari seri primer. Tetapi ini tidak dikutip oleh FDA sebagai data yang digunakan untuk membuat keputusan.
 
Pfizer juga melakukan uji klinis yang melibatkan 10.000 orang berusia di atas 16 tahun yang menemukan bahwa booster memulihkan kemanjuran vaksin hingga 95 persen.
 
Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit akan mengadakan pertemuan untuk membahas rekomendasi klinis untuk siapa yang sekarang harus mencari vaksin covid-19.
 
Kedua perusahaan sedang melakukan studi pasca otorisasi untuk menilai risiko miokarditis, atau peradangan jantung, yang lebih tinggi pada pria yang lebih muda.
 
Dokter penyakit menular terkemuka AS Anthony Fauci mengatakan awal pekan ini bahwa booster dapat mencegah infeksi karena cuaca yang lebih dingin dan pertemuan di dalam ruangan menyebabkan peningkatan kasus.
 
Hampir 60 persen orang dewasa Amerika -,sekitar 195,6 juta orang,- dianggap telah divaksinasi lengkap, setelah menerima dua dosis vaksin Pfizer-BioNTech atau Moderna, atau satu suntikan vaksin Johnson & Johnson.
 
Sumber

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *