48 Warga Lapas Rote Ndao, NTT Positif Covid-19 Dalam Sehari

Kupang: Dinas Kesehatan Kabupaten Rote Ndao, Nusa Tenggara Timur, melaporkan dalam sehari kasus covid-19 di kabupaten terselatan itu bertambah 48 kasus. Kepala Dinas Kesehatan Rote Ndao Feby Riwu mengatakan dengan adanya tambahan itu maka kini ada 49 kasus covid-19 baru di kabupaten tersebut.
 
“Kasus baru ini ditemukan setelah kami melakukan penelusuran di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas III Rote Ndao dan menemukan ada 47 tahanan dan satu pegawai terkonfirmasi positif covid-19,” kata Feby di Rote Ndao, Sabtu, 20 November 2021. 
 
Ia mengatakan sebelumnya di kabupaten itu hanya terdapat satu kasus covid-19, dan kini sudah hampir sembuh karena sudah menjalani perawatan. Ia mengatakan setelah ditemukannya sejumlah kasus baru itu, Satgas Covid-19 Rote Ndao langsung melakukan penelusuran terhadap orang-orang yang kontak erat dengan pegawai dan tahanan di lapas itu.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?



“Kami masih tunggu juga hasil penelusurannya bagaimana nanti akan kami informasikan,” ujar dia.
 
Baca: Capaian Vaksinasi 4 Daerah di Lampung di Bawah 50%
 
Ia mengakui munculnya kasus baru di Rote Ndao, khususnya di lapas itu, diduga berasal dari pegawai lapas atau petugas yang memasok makanan untuk tahanan. Saat ini, para tahanan dan seorang pegawai menjalani isolasi mandiri di lapas dan dijadwalkan akan menjalani pemeriksaan swab tes kedua untuk memastikan mereka sudah aman.
 
Untuk lokasi isolasi mandirinya, ujar dia, dilakukan di blok di dalam tahanan dan tetap dipantau oleh petugas kesehatan. Feby menjelaskan bahwa berdasarkan laporan dari Dinas Kesehatan, Pencatatan Sipil dan Kepandudukan NTT, kasus covid-19 di NTT naik cukup signifikan.
 
Berdasarkan laporan Kemenkes, per Kamis, 18 November NTT menempati urutan kedua kasus baru covid-19 dengan angka mencapai 59 orang per hari.
 
Sumber

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *