Wika Gedung rampungkan Pit Building Sirkuit Mandalika selama 21 hari

Mandalika, NTB (ANTARA) – PT Wijaya Karya Bangunan Gedung Tbk (WIKA Gedung) mengungkapkan pembangunan Pit Building Sirkuit Pertamina Mandalika dengan konstruksi modular berhasil diselesaikan dalam 21 hari.

“Wika Gedung mempersembahkan Pit Building untuk ajang World Superbike Mandalika. Kami mengerjakannya selama 21 hari. Mulai dari pengerjaan hingga mendapatkan approval dari Dorna Sports maupun Fédération Internationale de Motocyclisme atau FIM untuk bisa digunakan,” ujar Direktur Operasi I WIKA Gedung Bagus Tri Setyana di Mandalika, Lombok Tengah, NTB pada Jumat.

Bagus juga menambahkan bahwa Pit Building sirkuit bertaraf internasional itu juga sudah mendapatkan apresiasi dari Museum Rekor Indonesia (MURI), di mana WIKA Gedung sudah mendapatkan piagam untuk pembangunan Pit Building sistem modular bertaraf internasional yang tercepat.

WIKA Gedung sendiri dalam mendukung perhelatan balap internasional di sirkuit Mandalika ini, memiliki beberapa proyek. Pertama yakni proyek Hotel Pullman dengan nilai kurang lebih hampir Rp800 miliar, sedangkan untuk proyek Pit Building Sirkuit Mandalika sendiri nilainya sekitar Rp200 miliar, ditambah banyak juga pekerjaan-pekerjaan pendukung lainnya yang kalau ditotal omzetnya di Mandalika mencapai sekitar Rp1 triliun.

Sebelumnya entitas anak PT WIJAYA KARYA (Persero) Tbk [WIKA] yakni PT Wijaya Karya Bangunan Gedung Tbk. (WEGE), memperoleh Rekor Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI) atas keberhasilannya membangun modular pit building pada Proyek Pertamina Mandalika International Street Circuit sebagai fasilitas pembalap dan official team yang akan bertanding dalam waktu tercepat.

Bangunan berbentuk pit building sepanjang 350 meter dengan kapasitas 50 garasi dibangun dengan sistem modular tersebut terdiri dari tiga lantai dimana lantai dasar akan menjadi garasi yang digunakan para pebalap dan teknisi tim. Masing-masing garasi memiliki lebar 5,24 meter dengan panjang 18,34 meter dan dibangun dengan luas bangunan 13.700 meter persegi.

Lantai dua merupakan area podium, tribun penonton VVIP dan media center. Lalu, di lantai tiga akan dibangun fasilitas-fasilitas pendukung lainnya. Saat ini, instalasi modul WEGE pada modular pit building telah seluruhnya terpasang untuk gelaran World Super Bike (WSBK) Indonesia pada 19-21 November 2021.

Manager MURI Yusuf Ngadri Senior mengatakan, pembangunan pit building di Pertamina Mandalika International Street Circuit yang berada di kawasan destinasi pariwisata prioritas tersebut menggunakan metode konstruksi modular.

Ia menyatakan, WEGE menjadi pionir konstruksi modular berhasil merampungkan pembangunan. Sebanyak 888 modul terpasang dalam kurun waktu 21 hari, lebih cepat dari rekor pemasangan modular di rumah sakit COVID modular sebelumnya.

Baca juga: Wika Gedung: Pit Building Sirkuit Mandalika bisa untuk ajang F1
Baca juga: MGPA: Pit Building Sirkuit Mandalika gunakan produk asli Indonesia
Baca juga: WIKA: Pembangunan Hotel Pullman dukung “sport tourism” Mandalika

 

Pewarta: Aji Cakti
Editor: Biqwanto Situmorang
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Sumber

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *