Menkominfo Tancap Gas Bertemu Pejabat Internasional Bahas KTT G20

Jakarta: Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G Plate tancap gas untuk persiapan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20. Johnny bakal melakukan pertemuan dengan pejabat dari negara lain agar forum itu berlangsung dengan baik.
 
“Kita akan melakukan serangkaian pertemuan, ada ministerial declaration, digital economy working group (DEWG) meeting, digital economy ministers meeting (DEMM),” kata Johnny melalui keterangan tertulis, Jumat, 19 November 2021.
 
Johnny mengatakan pihaknya harus memperjuangkan isu digital dalam pertemuan itu. Pihaknya juga membuka pintu lebar untuk pelaku industri yang mau memberikan masukan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?



“Pemerintah ingin mendengar masukan rekan-rekan dari sektor industri terkait apa yang dibutuhkan? Bagaimana tantangan dan profil usaha kita di sini? Barriers-nya apa saja? Dan bagaimana itu bermanfaat untuk kepentingan ekonomi kita di dalam negeri. Kita perjuangkan bersama-sama di forum atau rapat selama G20 Summit nanti,” ujar Johnny.
 
Suara pelaku industri butuh didengar untuk mengetahui tantangan dan peluang ekonomi digital saat ini. Menurutnya, langkah itu dibutuhkan agar Indonesia bisa memaksimalkan membuka peluang ekonomi digital selama KTT G20. Johnny juga menyebut langkah ini juga merupakan perintah langsung dari Presiden Joko Widodo (Jokowi).
 
Baca: Dorong Ekonomi Digital Meroket, Menkominfo Bentuk Wadah Pengembangan Start Up
 
Setidaknya pemerintah sudah menyiapkan lima pertemuan dengan pejabat negara lain. Pemerintah dan pelaku usaha diharap bisa sejalan untuk memaksimalkan forum internasional tersebut.
 
“Saya harapkan dalam pertemuan itu, pemerintah dan pelaku industri terlibat bersama. Agar apa yang disampaikan itu adalah kristalisasi dari harapan kita semua, baik dari pelaku industri, regulator, maupun dari kepentingan rakyat kita,” tutur Johnny.
 
Pelaku industri juga diminta memaksimalkan forum G20 untuk meningkatkan ekonomi digital. Langkah ini diambil untuk memperjuangkan kepentingan nasional.
 
“Tentu materi dan substansi akan kita bahas bersama di dalam DEWG, sehingga perlu sekali ada banyak masukan dari pelaku industri, para regulator di tingkat upstream sampai hilir termasuk asosiasi-asosiasi di dalamnya,” ujar Johnny.
 
Sumber

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *