Inilah 7 Pemain Film Korea Escape From Mogadishu (2021)

Para pemain Escape From Mogadishu (2021) patut berbangga karena kemampuan bermain peran yang mereka tampilkan membawa film ini meraih banyak penghargaan. Sebagai film yang berlatar belakang kejadian nyata, para pemain seperti Kim Yun Seok, Jo In Sung, Heo Jun Ho dan Koo Gyo Hwan diakui sukses menyampaikan suasana yang mencekam saat kejadian.

Kerjasama apik antara para pemain utama dengan pemain pendukung dalam film ini tidak mengecewakan. Sesuai porsi dan perannya, semua memaksimalkan kemampuan guna menyampaikan jalan cerita dari filmnya sendiri. Lalu siapa saja mereka dan apa saja peran serta karakter yang dimainkan? Berikut ulasannya!

Baca juga: Sinopsis dan Review Film Escape from Mogadishu (2021)

1. Han Shin Sung – Kim Yun Seok

Kim Yun Seok

Pemain Escape From Mogadishu (2021) yang pertama adalah Kim Yun Seok. Sang aktor veteran ini berperan sebagai Han Shin Shung, seorang Duta Besar Korea Selatan untuk Somalia.

Diceritakan bahwa dia sudah berusaha sekian tahun untuk membawa Korea Selatan masuk menjadi anggota PBB dengan melobi banyak pihak, termasuk Presiden Barre di Somalia.

Han Shin Sung membawa istrinya untuk mendampingi di Somalia. Di kedutaan, Duta Besar Han ditemani beberapa staf. Han Shin Sung adalah Duta Besar yang berdedikasi dan berkeinginan sangat keras untuk berhasil mencapai tujuan negaranya, yaitu menjadi anggota PBB.

Terlihat saat dia rela melanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki saat mobil yang ditumpanginya menuju Istana Presiden Somalia dirampok.

Han Shin Sung punya kesetiaan yang tinggi terhadap negaranya. Dia kesal ketika mengetahui rencananya bertemu Presiden Barre disabotase oleh pihak Korea Utara.

Han Shin Sung pun tak tinggal diam dan berusaha membalas. Hubungan politik yang panas dengan pihak Korea Utara rupanya tidak berpengaruh terhadap sisi kemanusiaan dalam dirinya.

Sebagai sesama manusia Han Shin Sung bersedia menolong pihak Korea Utara yang terancam bahaya sebab berada di luar saat situasi sangat genting. Momen ketika pihak Korea Selatan menyediakan makanan dan makan bersama dengan Korea Utara adalah salah satu yang heartwarming di film ini.

Scene ketika pihak Korea Utara menahan diri untuk makan karena takut diracun, kemudian Han Shin Sung menukar mangkuknya dengan Dubes Korea Utara sebagai tanda makanannya aman, juga tak kalah memorable. Bagian tersebut memperlihatkan karakter Han Shin Sung sebagai Duta Besar yang memiliki rasa kasih.

Bentuk kebaikan hati lainnya dari Duta Besar Korea Selatan tersebut adalah ketika dia bertanggung jawab atas kebohongan yang diucapkan demi keselamatan rombongan Korea Utara.

Dia juga membuat skenario agar Korea Utara tidak diamankan dan dianggap pembelot. Kim Yun Seok yang langganan memenangkan berbagai penghargaan bergengsi membawakan karakternya ini dengan terpuji.

2. Kang Dae Jin – Jo In Sung

Kang Dae Jin – Jo In Sung

Setelah 2018 lalu berperan sebagai Yang Manchun dalam film The Great Battle (2018), Jo In Sung kembali menampilkan kemampuan aktingnya dalam sebuah film. Escape From Mogadishu (2021) menjadi filmnya yang ke sepuluh sejak 2002 lalu.

Di sini, sang aktor yang banyak dikenal publik melalui drama It’s Okay That’s Love (2014) berperan sebagai mantan anggota intelijen yang kini menjadi konselor bernama Kang Dae Jin.

Kang Dae Jin datang ke Somalia untuk membawakan buah tangan yang menurut rencana akan diberikan pada Presiden Barre saat Han Shin Sung menemuinya. Kang Dae Jin seorang konselor pemberani dan berpikir cepat dan mau mengambil risiko. Latar belakangnya sebagai mantan anggota intelijen tampaknya berpengaruh cukup besar.

Kang Dae Jin punya gaya yang congkak tapi juga konyol, tak heran dia tidak begitu disukai oleh sekretaris pribadi Han Shin Sung. Kang Dae Jin kesulitan berbahasa Inggris, tapi itu tidak menghalanginya bernegosiasi dengan kepolisian Somalia. Berkat kemampuannya, Kedutaan Korea Selatan untuk sementara mendapat pengamanan dari kepolisian setempat.

Baca juga:

Dia juga seorang yang cerdik mengakali kesulitan. Pada salah satu scene ketika kedutaan dikepung pemberontak, Kang Dae Jin memperdengarkan kaset bernada perdamaian untuk setidaknya menenangkan mereka. Kang Dae Jin jadi sosok yang bisa diandalkan Han Shin Sung dalam keadaan genting.

3. Rim Yong Soo – Heo Jun Ho

Rim Yong Soo – Heo Jun Ho

Pemain Escape From Mogadishu (2021) selanjutnya adalah aktor senior Heo Jun Ho yang berperan sebagai Rim Yong Soo, Duta Besar Korea Utara untuk Somalia.

Rim Yong Soo tidak pernah menyangka tugasnya ke Somalia, dengan membawa banyak staf beserta keluarganya jadi perseoalan tersendiri ketika keadaan negara itu memburuk. Sebagai pemimpin, Rim Yong Soo tentu harus berupaya untuk menyelamatkan mereka.

Rim Yong Soo sempat kebingungan karena kedutaannya berhasil dimasuki pemberontak. Insulin yang dia butuhkan pun ikut dijarah. Namun, dia segera sadar untuk segera cari pertolongan, terutama pada pihak-pihak sekutu Korea Utara di Somalia.

Dibantu Tae Joon Ki sebagai konselor dan anggota intelijen Korea Utara, Rim Yong Soo memberanikan diri membawa staf dan keluarganya berjalan keluar mencari perlindungan.

Rim Yong Soo tipe pemimpin yang rasional dan tidak egois. Baginya yang terpenting adalah keselamatan staf dan keluarganya, bukan harga dirinya sebagai perwakilan Korea Utara. Rim Yong Soo tidak keberatan ketika harus meminta pertolongan pada Han Shin Sung.

Dia merendahkan hatinya untuk menerima pertolongan sekaligus tetap waspada dan setia pada Korea Utara. Satu lagi, Rim Yong Soo adalah orang cerdik. Dia yang memberi ide menutup mobil menggunakan buku-buku untuk meminimalkan tembakan.

4. Tae Joon Ki – Koo Gyo Hwan

Tae Joon Ki – Koo Gyo Hwan

Penampilannya yang memukau saat berakting bersama Jung Hae In dalam drama D.P (2021), membuat nama Koo Gyo Hwan mulai disadari lebih banyak orang. Tak kalah mengesankan Koo Gyo Hwan juga memberikan penampilan terbaiknya di film ini.

Peran yang dia mainkan bernama Tae Joon Ki, yaitu seorang konselor sekaligus anggota intelijen Korea Utara yang setia mendampingi Rim Yong Soo bertugas di Korea Utara.

Tae Joon Ki dipotretkan sebagai anggota intelijen Korea Utara yang menggunakan cara ‘kotor’ untuk menjegal Korea Selatan. Dia menyewa perampok untuk menggagalkan pertemuan antara Han Shin Sung dengan Presiden Barre.

Tae Joon Ki punya ego yang tinggi. Dia sempat menolak ide Rim Yong Soo meminta bantuan pada pihak Korea Selatan, tapi akhirnya bersedia, walau tetap kasar dan menjunjung tinggi harga dirinya.

Meski begitu Tae Joon Ki punya keberanian dan kekuatan fisik yang hebat. Dia jadi satu-satunya karakter yang paling sering dipukuli oleh pihak pemberontak.

Pengorbanannya untuk menyelamatkan Dubes Korea Utara dan staf lain tidak main-main, Tae Joon Ki kehilangan nyawa, tepat setelah dia selesai mengantarkan rombongan Dubes Korea ke Kedutaan Italia yang akan membawa mereka keluar dari Mogadishu.

5. Gong Soo Cheol – Jeong Man Sik

Gong Soo Cheol – Jeong Man Sik

Pemain Escape From Mogadishu (2021) selanjutnya adalah aktor Jeong Man Sik yang sudah banyak terlibat dalam berbagai judul film dan drama. Jeong Man Sik langganan peran-peran pendukung tapi tak pernah setengah-setengah dalam berakting. Seperti ketika memainkan karakter Gong Soo Cheol dalam film arahan sutradara Ryeu Seung Wan ini.

Gong Soo Cheol merupakan sekretaris pribadi Han Shin Sung, sekaligus satu-satunya staf pria sebelum kedatangan Kang Dae Jin ke Somalia. Gong Soo Cheil tampak tidak begitu menyukai Kang Dae Jin karena menilainya sebagai pribadi yang sombong.

Gong Soo Cheol setia terhadap tugasnya, dia turut menemani Han Shin Sung berjalan kaki menuju Istana Presiden ketika keduanya dirampok di tengah jalan.

6. Kim Myung Hee – Kim So Jin

Kim Myung Hee – Kim So Jin

Kim So Jin, aktris yang lebih banyak berkiprah di layar lebar ini kembali menunjukkan kualitas aktingnya setelah sebelumnya ikut berperan dalam film The Man Standing Next (2019). Berperan sebagai Kim Myung Hee, dia di-plot­ sebagai istri Han Shin Sung yang ikut bertugas di Somalia.

Kim Myung Hee seorang istri yang lemah lembut. Hatinya penuh kasih sayang dan tak segan menolong siapa pun yang membutuhkan.

Pada salah satu scene ketika supir mereka, warga asli Somalia bernama Swama dianiaya polisi karena diduga sebagai provokator, Kim Myung Hee tak sungkan memberinya pertolongan. Dia juga menyambut baik anak-anak dan rombongan Korea Utara yang meminta perlindungan.    

7. Park Ji Eun – Park Kyung Hye

Park Ji Eun – Park Kyung Hye

Satu lagi pemain Escape From Mogadishu (2021) yang mengantarkan film ini meraih banyak penghargaan. Dia adalah Park Kyung Hye yang berperan sebagai Park Ji Eun. Ji Eun merupakan salah satu staf Keduataan Besar Korea Selatan yang fasih berbahasa Inggris sehingga dibutuhkan saat berkomunikasi dengan pihak Somalia.

Park Ji Eun membantu Kang Dae Jin menerjemahkan permintaannya pada pihak kepolisian Somalia untuk mengirimkan tenaga pengaman. Dengan takut-takut dan cemas, Ji Eun tetap bisa menjalankan tugasnya secara profesional. Dia juga banyak membantu, bersama staf Korea Selatan lainnya, bertahan dari serangan pemberontak.

Itu dia para pemain Escape From Mogadishu (2021) yang memegang peranan cukup penting dalam alurnya. Mereka adalah aktor-aktor terkenal dengan kemampuan berlakon yang tidak diragukan.

Semuanya menjalankan perannya secara natural sehingga ketegangan dan ketakutan terjebak dalam pemberontakan, dapat tersampaikan dengan sempurna. Di antara pemain-pemain tersebut mana yang karakternya paling menarik?

Sumber

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *