Indonesia-Denmark Perkuat Kerja Sama Terkait Bencana dan Kesehatan

Jakarta: Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G Plate menerima kunjungan Duta Besar Denmark untuk Indonesia, Lars Bo Larsen. Keduanya bersepakat memperkuat kerja sama di bidang bencana dan kesehatan.
 
“Kami mendiskusikan banyak hal terkait hubungan Indonesia dan Denmark yang barangkali secara umum masyarakat belum banyak yang tahu,” kata Johnny melalui keterangan tertulis, Jumat, 19 November 2021.
 
Johnny mengatakan kedua negara akan memperkuat teknologi kebencanaan di Indonesia. Denmark bersedia membantu dengan teknologi kebencanaan yang dimilikinya jika Indonesia membutuhkan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?



“Kita diskusikan tentang Denmark yang mempunyai teknologi kebencanaan dan saat ini menyiapkannya untuk bekerja sama pada sektor public protection and disaster di Indonesia,” ujar Johnny.
 
Menurut Johnny, Denmark mempunyai banyak teknologi kebencanaan yang canggih. Teknologi yang dimiliki Denmark bisa mendukung koordinasi tata kelola lintas kementerian dan lembaga dalam penanganan bencana dan perlindungan publik. Teknologi yang ditaksir Indonesia itu memanfaatkan digitalisasi untuk penanganan bencana.
 
“Kebetulan karena saat ini era transformasi digital, ada teknologi digital yang bisa digunakan untuk memudahkan penanganan bencana baik yang berkaitan dengan early warning system, maupun penanganan saat bencana serta penanganan setelah bencana,” tutur Johnny.
 
Baca: Jokowi: Pembangunan Harus Melibatkan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi
 
Selain masalah bencana, kedua negara itu ingin bertukar teknologi tentang kesehatan. Teknologi yang ingin ditukar terkait penggunaan alat kesehatan jarak jauh.
 
“Misalnya, vaccine health remote. Itu ada teknologinya, kebetulan sejalan dengan pembangunan yang dilakukan oleh Kominfo, yakni membangun infrastruktur-infrastruktur teknologi informatika di seluruh wilayah 3T,” kata Johnny.
 
Penggunaan alat kesehatan jarak jauh ini penting. Pemerintah bisa menjangkau wilayah yang sulit diakses jika kerja sama berhasil.
 
“Tentu ini harus dikoordinasikan dengan Kementerian Kesehatan,” kata Johnny.
 
Johnny ingin kerja sama ini segera dilakukan. Kedua negara diharapkan bisa saling membantu dalam penanganan bencana di wilayahnya masing-masing.
 
“Kita bisa teruskan di dalam prosedur dan tata kelola pemerintahan di Indonesia, termasuk Bappenas dan Kementerian Keuangan menyangkut soal pembiayaan,” ucap Johhny.
 
Sumber

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *