Sinopsis dan Review Drama Musikal Idol: The Coup (2021)

Idol: The Coup (2021) merupakan satu lagi drama musical terbaru yang siap menemanimu di penghujung tahun ini setelah Let Me Be Your Knight (2021).

Dibintangi para Idol seperti Hani EXID, Exy WJSN, Solbin dari Laboum serta sebagian besar jebolan Producer 101, drama ini berada di tangan orang-orang yang merasakan langsung beratnya perjuangan sebagai Idol.

Dengan latar belakang pemain yang seperti itu, mereka membawakan setiap karakter dan emosi secara valid. Rasa putus asa menjadi idol gagal dapat disampaikan dengan meyakinkan.

Drama berjumlah 16 episode berdurasi 1 jam 20 menitan/episodenya ini menjanjikan cerita yang hangat dan berbobot sebab berisi perjuangan dan keyakinan yang sesekali terasa sebagai kenaifan. Penasaran? Simak sinopsis dan ulasan drama Idol: The Coup berikut ini yuk!

Baca juga: Sinopsis dan Review Drama Let Me Be Your Knight (2021)

  • Tahun Rilis: November 2021
  • Genre: Drama, Musical Drama
  • Produksi: JTBC Studios, Take2 Media Group, Transparent Arts
  • Sutradara: Noh Jong Chan
  • Pemeran: Ahn Hee Yeon, Kwak Si Yang, Kim Min Kyu, Exy
  • Jumlah Episode: 16

Sinopsis

Jenna sebagai leader Cotton Candy merasa bertanggung jawab atas nasib teman-temannya. Dia berusaha sekuat tenaga untuk kembali mendapatkan panggung setelah dikategorikan sebagai Idol yang gagal. Diabaikan agensi sampai bersedia menanggung hal memalukan seorang diri, Jenna tetap tegar.

Dia yakin Cotton Candy dapat kembali bersinar. Bisakah Jenna menanggung semua saat anggota yang lain juga meragukannya?

Episode 1-2

Episode 1-2

Tahun 2016 lalu Cotton Candy melakukan debut pertamanya bersama StarPeace Entertainment yang dipimpin Ma Jin Woo. Girl band yang terdiri atas Jenna sebagai leader, Elle, Hyun Ji, Stella dan Chae Ah tersebut sayangnya gagal bersinar. Sudah enam tahun berlalu mereka tak dapat pekerjaan tapi juga tak kunjung dilepas oleh agensi.

Ma Jin Woo tak ingin melepas Cotton Candy karena alasan emosional; bagaimana pun mereka adalah tim bentukan pertamanya sebelum StarPeace semakin berkembang seperti sekarang.

Jenna sebagai leader benar-benar struggling dan masih percaya bahwa Cotton Candy bisa kembali manggung. Dia menghadiri acara radio khusus Idol gagal hanya untuk mengupayakan agar nama Cotton Candy tetap didengar.

Keputusannya membuat anggota yang lain geram, terutama Hyun Ji dan Elle. Mereka merasa dipermalukan karena di acara tersebut Jenna seolah bangga mengakui bahwa Cotton Candy memang Idol grup yang gagal.

Jenna adalah personil yang paling berusaha kuat dan pantang menyerah mempertahankan grupnya, sementara yang lain sudah sibuk dengan pekerjaan masing-masing yang juga tak seberapa.

StarPeace Entertainment benar-benar tak peduli lagi pada Cotton Candy, apalagi mereka juga punya Mars yang digawangi pria-pria muda berbakat dan tampan yang lebih sukses.

Mereka adalah Seo Ji Han, Ray, Tae Young, Yool dan Dan. Meski begitu Jenna tetap berusaha semampunya. Tanpa segan dia kerap datang ke kantor meminta sisa pekerjaan yang ditolak oleh manajemen. Saat Jenna datang ke kantor StarPeace. Dia menerima pekerjaan tanpa bayaran dari Asisten Manajer Park untuk tampil di perumahan.

Tentu saja dia gagal membujuk anggota yang lain, kecuali Stella, sayangnya Stella juga terkendala datang karena ada masalah di lokasi syuting. Hasilnya Jenna benar-benar tampil sendiri dan membawakan lagu orang lain.

Ketika berada di kantor, Jenna ditemani Du Ho, mantan manajer Cotton Candy dan satu-satunya orang dari perusahaan yang masih memihaknya, bermain musik dan bernyanyi di ruang latihan. Tanpa Jenna sadari kemampuan bermusiknya menarik perhatian Ji Han, leader dari Mars.

Jenna juga bertemu Ma Jin Woo dan memintanya mendengarkan lagu yang dikirim lewat email. Namun, Ma Jin Woo menghapusnya diam-diam.

Baca juga:

Ma Jin Woo berada di keputusan yang sulit, terutama sebentar lagi CEO Cha Jae Hyeok akan menjadi Wakil Presdir. Dia adalah sosok yang terkenal perhitungan dan tidak mungkin membiarkan Cotton Candy berada lebih lama di agensinya. Di tempat berbeda Jenna yang baru selesai manggung di perumahan tak kuat lagi menahan air matanya.

Ma Jin Woo lalu menelepon dan memintanya datang ke kantor. Jin Woo menegaskan bahwa dia tidak akan memperpanjang kontrak lagi.

Jenna meminta tambahan waktu dua tahun karena dia tahu anggota yang lain sebenarnya tak ingin bubar, tapi Jin Woo tidak bisa mengabulkannya. Dia hanya akan mempertahankan Jenna, bukan Cotton Candy.

Saat Jenna sedang galau memikirkan keputusan yang akan diambil, Du Ho datang membawa kabar bahwa Cotton Candy mendapat kesempatan tampil sebagai pembuka di sebuah festival. Namun, Hyun Ji dan Elle tak antusias.

Elle bahkan memutuskan untuk hengkang dari Cotton Candy sementara Hyun Ji menuntut Ma Jin Woo melalui Jenna untuk meminta maaf pada mereka dan mulai kembali peduli pada mereka.

Selain masalah internal, Cotton Candy juga kesulitan mendapatkan ruangan di agensi untuk berlatih. Alasannya karena mereka tidak menghasilkan uang. Elle yang malam itu bekerja menemani klien, melihat CEO Cha Jae Hyeok ada di tempat yang sama dan memerhatikannya.

Sementara itu keributan yang tak kunjung selesai membuat Jenna menyadari bahwa mungkin hanya dia yang masih ingin bertahan. Dia lalu meminta anggota Cotton Candy yang lain memilih antara bubar atau tetap bersama-sama. Elle dan Hyun Ji tak terima.

Di sisi lain Du Ho masih berusaha keras mendapatkan tempat berlatih di agensi untuk Cotton Candy sekalipun kode kunci pintu ruangan latihan sudah diganti. Hari itu Jenna dan anggota yang lain menyibukkan diri dengan urusan masing-masing.

Jenna yang bekerja paruh waktu mengantarkan makanan menyelesaikan pekerjaannya dengan mengantar makanan pada Ji Han. Ji Han menggunakan topeng ayam membantu Jenna menyelamatkan Hyun Ji yang nekat adu minum dengan seorang pria.

Hyun Ji melakukan itu untuk mendapatkan kembali uang Du Ho yang sudah diberikan sebagai ganti rugi saat dia membuat keributan dengan pria itu beberapa waktu lalu.

Hyun Ji tahu Du Ho berkorban banyak untuk Cotton Candy sampai-sampai tidak memedulikan dirinya sendiri. Du Ho masih memedulikan Cotton Candy padahal dia juga sibuk menjadi agen untuk grup lain milik StarPeace yang sedang bersinar. Tak perlu pikir lama Jenna menghubungi Ma Jin Woo dan memutuskan untuk tetap bertahan dengan grupnya.

Di tempat berbeda Elle menemui Cha Jae Hyeok. Dia meminta kesempatan bagi Cotton Candy untuk bertahan di agensi tapi tampaknya tak berhasil. Sementara itu setelah mencoba berbagai cara Du Ho akhirnya mendapatkan ruang latihan di agensi dengan bantuan Ji Han.

Ketika semua mulai berjalan baik dan mereka siap latihan, Elle datang dengan marah-marah karena mengetahui kalau Cotton Candy sebenarnya akan dibubarkan dan agensi hanya akan mempertahankan Jenna. Semua terkejut termasuk Hyun Ji, Du Ho dan Ji Han yang menguping mereka dari pintu.

Perjuangan IDOL yang Gagal Bersinar

Perjuangan IDOL yang Gagal Bersinar

Idol: The Coup (2021) akan cocok untuk kamu yang sekaligus suka dengan grup-grup idol dari Korea Selatan. Drama berjumlah 16 episode ini secara garis besar bercerita tentang perjuangan grup idol generasi pertama bernama Cotton Candy dari sebuah agensi yang gagal bersinar.

Mereka tertinggal dari debutan lain di agensi tersebut tapi juga tak bisa dilepaskan begitu saja karena alasan emosional. Karakter utama drama ini adalah leader dari Cotton Candy sendiri, yaitu Jenna yang diperankan oleh Ahn Hee Yeon.

Jenna menggambarkan perjuangan anggota girlband yang masih percaya bahwa grupnya dapat kembali bersinar jika diberi kesempatan. Sebagai pemimpin Jenna dihadapkan pada masalah internal yang pelik, juga masalah dari luar yang merongrong keyakinan dan kepercayaan dirinya.

Selain Jenna, ada pula Seo Ji Han yang diperankan oleh Kim Min Kyu. Karakter Ji Han sebagai leader Mars, idol grup yang bersinar membuat alur drama ini semakin seru. Dia yang berada satu agensi dengan Jenna menggambarkan keadaan yang kontras antara perlakuan yang diterima idol gagal dan bersinar atau idol yang diabaikan dan diutamakan.

Emosional Sejak Awal

Emosional Sejak Awal

Jalan dua episode, Idol: The Coup (2021) sudah memenuhi alurnya dengan emosi-emosi yang sukses bikin terenyuh. Melihat Jenna berupaya mempertahankan Cotton Candy di tengah sikap teman-teman yang dingin dan keadaan yang super sulit, terasa mengharukan sekaligus menyebalkan karena dia terlalu naif.

Perjuangan Jenna bukan satu-satunya yang membuat drama ini sudah emosional sejak awal. Ada juga karakter Du Ho, sang agen yang turut berjuang agar Cotton Candy mendapatkan job dan kembali diperhatikan oleh agensi.

Di tengah kesibukan barunya sebagai manajer Highteen, grup yang tengah bersinar, dia tetap menunjukkan dukungannya pada Jenna dan kawan-kawan.

Dia tidak memedulikan dirinya yang lusuh asal Jenna dan ‘anaknya’ yang lain baik-baik saja. Emosi lain ditunjukkan oleh karakter Hyun Ji, yang selalu marah-marah dan buat masalah di dua episode ini.

Sikapnya yang keras adalah bentuk pertahanan dari kekecewaan karena mimpinya menjadi idol sukses yang kaya raya dan dapat membantu neneknya, kandas. Karakter Hyun Ji cukup relatable dengan siapa pun yang merasa gagal dan perlu waktu untuk menerimanya.

Durasi Panjang Per Episode

Durasi Panjang Per Episode

Sebagai prolog Idol: The Coup (2021) dilengkapi dengan sekilas wawancara member-member dari grup idol yang pernah debut kemudian bubar di Korea Selatan sana. Hal itu membuat pengalaman Jenna dalam drama ini semakin terasa nyata, apalagi durasi per satu episodenya cukup panjang, yaitu sekitar 1 jam 20 menitan hampir 1 jam 30 menit.

Dengan durasi sepanjang itu, konflik yang ditampilkan sangat padat. Menggunakan metode penceritaan yang demikian Idol: The Coup (2021) menariknya tidak terasa membosankan, paling tidak di dua episode pertamanya.

Terutama karena ia banyak menarik emosi para penonton melalui script dan akting yang menonjol dari karakter-karakternya. Penasaran dengan kelanjutan ceritanya?

Sumber

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *