Sinopsis dan Review Anime Komi Can’t Communicate (2021)

Manga yang terbit sejak 2016 karya Tomohito Oda berjudul Komi-san wa, Komyushō Desu atau Komi Can’t Communicate akhirnya bisa dinikmati dalam versi anime. Rilis perdana di TV Tokyo pada 7 Oktober 2021, Netflix menayangkannya pada 21 Oktober 2021.

Serial anime yang disutradarai oleh Kazuki Kawagoe ini bercerita tentang kegelisahan Komi, gadis cantik yang tak punya kemampuan berkomunikasi.

Dari premis sederhana itu, cerita berkembang menarik karena ternyata perkara ngobrol dengan orang lain itu memang susah-susah gampang bagi beberapa orang. Komi tidak sendiri karena ada Tadano yang berjanji akan mencarikan teman untuknya.

Setiap episode Komi Can’t Communicate hanya berdurasi sekitar 20 menit. Sejauh ini sudah tiga episode berjalan. Penasaran dengan kelanjutan ceritanya? Ikuti terus ulasannya melalui artikel ini ya!

Baca juga: Sinopsis & Review Anime Detective Conan: Sunflower of Inferno

  • Tahun Rilis: Oktober 2021
  • Genre: School, Slice of Life, Comedy
  • Produksi: OLM
  • Sutradara: Kazuki Kawagoe
  • Pengisi Suara: Aoi Koga, Gakuto Kajiwara, Rie Murakawa, Junya Enoki

Sinopsis

Komi yang cantik mudah membuat siswa-siswa yang lain tertarik padanya. Dia juga pendiam sehingga pesonanya semakin bertambah. Namun, siapa sangka di balik sikap diamnya, Komi sebenarnya memang kesulitan berkomunikasi.

Komi bukan tidak ingin bicara, melainkan tidak bisa. Dia pun bertemu Tadano yang segera menjadi teman pertamanya. Tadano berjanji akan mencarikan 100 teman untuk Komi.

Episode 1-3

Episode 1-3

Kemunculan Komi sebagai murid baru di Sekolah Swasta Itan, Sekolah Persiapan yang terkenal, sangat menarik perhatian karena dia cantik dan wangi. Komi langsung populer di kalangan siswa lainnya.

Kecantikannya juga menyihir Tadano, sama-sama murid baru di sana. Tadano bertekad untuk tidak membuat masalah di sekolah. Dia akan menjalani hari-hari yang biasa, tak ingin membuat masalah dan tidak ingin menonjol.

Tampaknya rencana Tadano akan sulit terwujud karena dia ternyata duduk bersebelahan dengan Komi di kelas. Suka tidak suka semua perhatian ikut tertuju padanya, terlebih dari para siswa yang terpesona oleh Komi.

Namun, di balik pesonanya yang membuat orang tergila-gila, Komi ternyata kesulitan bicara dengan orang lain. Tubuhnya bergetar hebat saat harus bersuara di depan orang lain.

Tadano langsung mengetahui masalah Komi di hari pertama perkenalannya. Tadano juga merupakan siswa pertama yang Komi ajak bicara. Gadis yang kesulitan bicara itu menuliskan curahan hatinya di papan tulis.

Komi bercerita setiap kali dia mendekati orang lain, orang tersebut langsung bergetar bahkan pingsan, sehingga dia takut untuk mendekati mereka. Padahal Komi sangat ingin punya 100 teman.

Komi bukan tidak ingin ngobrol dengan teman-teman, tapi dia kesulitan. Tadano yang merasa kasihan bersedia menjadi temannya dan berjanji akan membantunya mendapatkan 99 teman lain di sekolah.

Usaha Tadano tentu bukan hal mudah karena dia sendiri juga belum memiliki banyak teman. Terlebih di Sekolah Persiapan siswa-siswanya juga punya kepribadian yang berbeda dengan siswa di sekolah lain.

Usaha pertama Tadano langsung ditolak oleh Yamai, gadis yang terlihat lembut di luar tapi bermulut kasar dan jahat di belakang. Tadano sempat putus asa tapi kemudian mencobanya pada Osana Najimi. Osana terkenal mudah sekali bersosialisasi. Dia juga merupakan teman lama banyak orang termasuk teman lama Tadano dan Komi.

Ketika Tadano menyampaikan keinginannya agar dia mau berteman dengan Komi, Osana menolak karena dulu dia sempat didiamkan oleh Komi hingga sakit.

Baca juga:

Osana lalu mengubah pikirannya ketika Komi dengan keterbatasan kemampuan berkomunikasi mampu mengusir pria mesum yang mengganggunya. Sejak itu Osana mau berteman dengan Komi.

Osana diam-diam menilai anak-anak yang punya sifat sama dengan Komi. Dia pun merekomendasikan Himiko Agari pada Tadano dan Komi. Komi yang bersemangat mendapatkan teman baru langsung mendekati gadis itu.

Agari adalah siswi yang sama gugupnya dengan Komi. Dia bisa kehilangan fungsi saat berhadapan dengan orang lain. Namun, dia masih bisa bicara walau terbata-bata dan gemetar.

Agari merasa gugup ketika Komi, siswi paling cantik dan populer mendekatinya. Setelah tahu maksud Komi, Agari bersedia jadi temannya. Kini, teman Komi sudah ada tiga orang. Komi yang semula merasa tak membutuhkan ponsel, punya ponsel baru.

Untuk mendapatkan telepon dari teman-temannya, Komi ingin berusaha seorang diri dan membuat Tadano kagum. Tadano berubah tersipu karena Komi ingin nama Tadano menjadi kontak pertama di ponselnya.

Hari itu kelas mengadakan pembentukan komite kelas. Komi yang semula ditunjuk jadi ketua kelas, dihalangi oleh Osana karena dia tahu Komi akan kesulitan. Akhirnya Komi terpilih jadi Dewa dan Tadano sebagai ketua kelas.

Malam hari, Komi tanpa sengaja menelepon Tadano dan langsung menutupnya karena gugup. Tak lama Tadano meneleponnya kembali. Di telepon Komi ternyata bisa bicara. walau dengan sangat pelan dan terbata-bata. Tadano akhirnya mendengar suara Komi yang menurutnya sangat indah.

Episode 4

Episode 4

Kecantikan Komi memang tidak ada duanya di sekolah. Dia membawa kebahagiaan untuk siswa yang lain tapi tidak bagi Makeru Yadano. Siswi berambut merah muda yang ingin bersaing dengannya, terutama dari segi fisik.

Ada empat kriteria yang menurut Yadano harus ditandingkan, yaitu daya penglihatan, tinggi badan, berat badan dan tinggi badan saat duduk.

Hasilnya penglihatan Komi dinilai di atas rata-rata sedangkan penglihatan Yadano di bawah rata-rata. Yadano juga kalah tinggi karena dia hanya 156 cm sementara tinggi badan Komi 165 cm.

Berat badan Komi 48 Kg dan Yadano 52 Kg. Tinggi badan saat duduk pun Yadano lebih tinggi. Namun dia tidak senang karena itu artinya dia lebih gemuk.

Ren Yamai berbeda dengan Yadano. Dia terobsesi untuk berteman dengan Komi karena baginya Komi sosok yang sempurna. Dia tergila-gila pada Komi sampai mengganggu orang-orang yang dekat dengan Komi.

Yamai bahkan menculik Tadano, menyekapnya di dalam kamar. Dia tidak terima karena siswa biasa semacam Tadano bisa dekat dan duduk bersebelahan dengan Komi.

Hasilnya Tadano tidak masuk sekolah. Komi tak berdaya jika tanpa Tadano. Tadano sendiri sudah ada di dalam kamar Yamai dalam kondisi terikat. Dia melihat banyak foto Komi ditempel di dinding sampai atap kamar.

Yamai menggilai Komi sampai-sampai menyembunyikan Tadano di dalam lemari ketika Komi dan Najimi berkunjung.

Beruntung Najimi yang curiga dengan suara bisik dari lemari, berhasil mengeluarkan Tadano. Komi yang mengetahui temannya diperlakukan demikian bersikap tegas pada Yamai. Bagi Komi walau ingin memiliki 100 teman, hanya dia yang berhak menentukan siapa yang bisa jadi temannya atau tidak.

Esoknya Komi mengajak Tadano bicara melalui tulisan. Komi tak ingin membahayakan Tadano hanya karena berteman dengannya. Dia tak bisa membayangkan hal buruk terjadi pada Tadano karena dirinya. Namun, Komi sangat ingin berteman dengan Tadano, begitu pun sebaliknya.

Tak lama Najimi datang membawa Yamai yang ingin meminta maaf pada Tadano dan Komi. Komi memaafkan siswi itu, Yamai akhirnya tahu kalau Komi kesulitan berkomunikasi. Komi pun menerima Yamai sebagai teman.

Komi, Gadis Cantik yang Kesulitan Komunikasi

Komi, Gadis Cantik yang Kesulitan Komunikasi

Komi Can’t Communicate (2021) bercerita tentang gadis cantik di sebuah sekolah yang langsung populer karena penampilannya. Tidak hanya murid laki-laki, murid wanita pun mengaguminya. Komi terlihat pendiam dan elegan sehingga menambah pesonanya, padahal yang sebenarnya terjadi adalah dia kesulitan berkomunikasi.

Komi mengalami kecemasan dalam bersosialisasi sehingga tidak pernah bisa bicara di depan orang lain. Setiap ada yang menyapanya, Komi langsung gemetar dan membatu. Komi juga tidak pernah menyapa orang lain.

Sesederhana ucapan selamat pagi belum pernah Komi berikan pada orang lain. Komi bukan tidak ingin tapi tidak bisa. Penggambaran karakter Komi yang seperti itu sudah sangat jelas, bahkan di episode pertama, sehingga membuat alur terasa tidak bertele-tele.

Usaha Tadano Mencarikan Teman untuk Komi

Usaha Tadano Mencarikan Teman untuk Komi

Selain menceritakan kegelisahan Komi yang sulit berkomunikasi, Komi Can’t Communicate (2021) juga mempertontonkan usaha seorang pemuda bernama Tadano mencarikan teman untuk gadis itu. Tadano digambarkan punya kondisi yang berkebalikan dari Komi.

Dia tidak populer, tidak juga istimewa dari segi penampilan. Namun, dia punya keistimewaan lain: menjadi teman pertama Komi di saat anak-anak lelaki lain hanya bisa mengaguminya dari jauh.

Usaha Tadano mencarikan teman untuk Komi, sampai di episode 3 tampak potensial membuat cerita Komi Can’t Communicate (2021) berjalan seru dan manis. Terutama karena di tengah keterbatasan Tadano, selain membantu Komi mendapatkan teman dia juga berusaha melindungi Komi dari malu karena kesulitan berkomunikasi.

Visualisasi Cantik dan Menggemaskan

Visualisasi Cantik dan Menggemaskan

Selain cerita yang menarik, hal lain yang membuat Komi Can’t Communicate (2021) menyenangkan untuk diikuti adalah grafisnya. Visualisasi untuk setiap emosinya digambarkan secara hyperbole dan detail sehingga terlihat lucu dan membuat penonton ikut merasakannya.

Terlihat seperti ketika Komi gugup dan gemetar, ketika pipi Tadano merah atau saat dirinya membatu dan emosi-emosi lain. Sinematografi anime ini juga cantik dengan warna-warna yang cerah tapi tidak terlalu mencolok mata. Grafisnya didesain se-real mungkin jadi kalau kamu gak suka dengan bentuk-bentuk yang aneh, anime ini akan cocok.

Penggambaran karakter-karakternya juga cantik, terutama Komi. Penasaran dengan kelanjutan cerita Komi mendapatkan teman? Serial Komi Can’t Communicate (2021) bisa disaksikan setiap hari Kamis di Netflix!

Kecantikan Komi Membuat Yamai ‘Gila’

Kecantikan Komi Membuat Yamai ‘Gila’

Episode 4 Komi Can’t Communicate (2021) agak creepy karena harus melihat tingkah ‘gila’ Yamai yang terobsesi berteman dengan Komi. Gadis itu tampak punya dua kepribadian.

Di depan orang lain dia sangat manis dan lembut seolah tak bisa menyakiti seekor semut, tapi saat sendiri atau di belakang orang lain Yamai berubah mengerikan.

Yamai sempat muncul di beberapa episode lalu ketika Tadano memintanya menjadi teman Komi tapi ditolak dengan kata-kata kasar, Di episode ini dia malah terobsesi untuk berteman dengannya sampai-sampai melakukan hal yang berlebihan dan membahayakan.

Visualisasi dan grafis dua kepribadian Yamai digambarkan dengan jelas dan menarik. Secepat kilat kamu akan melihat Yamai berubah dari gadis manis menjadi ‘iblis’.

Sumber

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *