Singapura Catat Ekspor Naik 17,9% di Oktober 2021

Singapura: Ekspor Singapura tercatat naik untuk bulan ke-11 berturut-turut pada Oktober 2021, didorong oleh emas non-moneter, mesin khusus, dan petrokimia. Kondisi itu terjadi seiring upaya pemulihan ekonomi yang terus berlangsung meski saat ini beberapa negara di dunia sedang mengalami kebangkitan covid-19.
 
Mengutip The Business Times, Kamis, 18 November 2021, pertumbuhan ekspor domestik non-minyak (NODX) melonjak 17,9 persen YoY, naik dari ekspansi 12 persen pada September dan juga di depan perkiraan median 15,1 persen dalam jajak pendapat swasta Bloomberg.
 
Electronics NODX naik 14,9 persen, terhadap 14,1 persen pada September, data dari badan pemerintah Enterprise Singapore (ESG) menunjukkan. Badan tersebut mengaitkan pertumbuhan yang berkelanjutan dengan ekspor sirkuit terpadu, di tengah permintaan semikonduktor global yang kuat.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Sementara itu, pengiriman non-elektronik meningkat sebesar 18,9 persen dibandingkan dengan 11,4 persen pada bulan sebelumnya. Emas non-moneter dan petrokimia mencatat kenaikan pada basis rendah tahun lalu, sementara ESG mencatat bahwa kenaikan ekspor mesin khusus sejalan dengan permintaan semikonduktor global yang kuat.
 
Pada basis bulanan yang disesuaikan secara musiman, NODX meningkat sebesar 4,2 persen, naik dari satu persen pada September, mencapai 16,4 miliar dolar Singapura.
 
Ekonom Maybank Kim Eng Chua Hak Bin dan Lee Ju Ye telah menaikkan perkiraan pertumbuhan NODX setahun penuh menjadi 11 persen pada 2021, dari sembilan persen sebelumnya, meskipun mereka memperkirakan pertumbuhan utama akan melambat.
 
Ekonom senior Oxford Economics Jung Sung Eun secara terpisah mengatakan pihaknya berharap ekspor elektronik tetap kuat pada 2022 mengingat ada siklus semikonduktor. “Meskipun kami memperkirakan ledakan emas non-moneter bersifat sementara, ekspor mesin khusus dan peralatan transportasi dapat meningkat lebih lanjut,” pungkasnya.
 
 
Sumber

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *