Satgas TNI layani pengobatan langsung di rumah warga perbatasan RI-PNG

Keerom (ANTARA) – Prajurit TNI Satgas Pamtas RI-PNG Yonif Mekanis 512/QY semakin rutin melayani pengobatan kesehatan langsung ke rumah warga kampung Naramben, Kabupaten Keeron, Papua du wilayah perbatasan RI-PNG

Komandan Satuan Tugas (Dansatgas) Pamtas Yonif Mekanis 512/QY Letkol Inf Taufik Hidayat dalam keterangan diterima, Kamis mengatakan, pelayanan kesehatan dilakukan personel Pos Arso XIII Satgas Pamtas RI-PNG Yonif Mekanis 512/QY langsung ke rumah warga dalam rangka mengantisipasi perubahan cuaca di Kampung Naramben Keerom Papua.

Diakui Dansatgas, pelayanan kesehatan yang dilakukan secara mendatangi rumah-rumah warga kampung tersebut dilakukan untuk mengetahui kondisi kesehatan masyarakat khususnya para lansia.

Baca juga: Satgas Pamtas-UPT Kementan inisiasi ketahanan pangan di perbatasan

“Serta untuk pencegahan penyakit yang rawan mewabah di musim penghujan, seperti flu, demam, bahkan demam berdarah dan beberapa penyakit lainnya,”ujarnya.

Dansatgas Letkol Inf Taufik Hidayat menjelaskan upaya pelayanan kesehatan yang dilakukan Satgas Yonif Mekanis 512/QY merupakan wujud nyata kepedulian terhadap kondisi masyarakat yang ada di wilayah perbatasan Papua.

“Ini adalah salah satu upaya untuk menjaga kondisi kesehatan masyarakat dalam menghadapi musim penghujan serta perubahan cuaca yang tidak menentu seperti saat ini,” ungkap Dansatgas.

Disebutkan Dansatgas, personel Satgas Yonif Mekanis 512/QT Tidak hanya memberikan pelayanan kesehatan tetapi anggota kesehatan Pos Arso XIII juga memberikan himbauan agar masyarakat selalu menjaga kebersihan lingkungan.

“Hal ini dilakukan agar lingkungan di sekitar tempat tinggal tidak timbul genangan air yang dijadikan nyamuk berkembang biak serta dapat memicu timbulnya wabah demam berdarah,” jelas Letkol Taufik.

Terbatasnya fasilitas kesehatan di wilayah perbatasan, menurut Letkol Taufik, membuat animo masyarakat sangat tinggi ketika personel Satgas 512/QY mendatangi rumah-rumah warga kampung untuk memberikan pelayanan kesehatan.

“Dan warga di perbatasan sangat merasakan kegiatan ini sangat membantu masyarakat setempat,”ujar Letkol Taufik Hidayat.

Baca juga: Satgas TNI bersama warga perbatasan RI-PNG panen jagung
Baca juga: Satgas TNI ajarkan ketrampilan warga perbatasan buat gethuk goreng

Pewarta: Muhsidin
Editor: Triono Subagyo
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Sumber

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *