PPnBM DTP 100 Persen Masih Berlaku, Miliki Produk Toyota Pakai Harga Khusus

Suara.com – Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita mengatakan, peningkatan penjualan mobil akibat pemberian insentif Pajak Penjualan Barang Mewah Ditanggung Pemerintah (PPnBM DTP) menciptakan dampak yang cukup besar terhadap industri otomotif.

Peningkatan pesanan kendaraan ini berdampak positif pada industri komponen yang menunjang industri otomotif. Produsen kendaraan peserta PPnBM DTP juga melibatkan sekitar 319 perusahaan industri komponen tier 1, serta meningkatkan utilisasi dan kinerja industri komponen tier 2 dan 3 yang sebagian besar termasuk industri kecil dan menengah (IKM).

“Relaksasi PPnBM DTP, menunjukkan telah mampu memberikan dampak signifikan, dalam pemulihan sektor industri otomotif, dan meningkatkan kepercayaan pelaku industri,” ucap Menperin dalam Gaikindo International Automotive Conference (GIAC), baru-baru ini, sebagai rangkaian dari GAIKINDO Indonesia International Auto Show atau GIIAS 2021.

Baca Juga: Gunakan Mobil Double Cabin Hardtop, Perpustakaan Keliling Trenggalek Kembali Beroperasi

Layanan pembelian mobil seru secara digital oleh EZDeal [screenshot finance.toyota.co.id].
Layanan pembelian mobil seru secara digital oleh EZDeal [screenshot finance.toyota.co.id].

Dimas Aska, Head of Public Relation PT Toyota Astra Motor (TAM) mengungkapkan, pada ujungnya kebijakan ini bisa memberikan keuntungan untuk masyarakat, khususnya terkait kesempatan memiliki mobil.

“Sebenarnya yang diuntungkan adalah konsumen. Ini adalah langkah yang baik bagi masyarakat memiliki mobil. ini kesempatan yang baik, selama program ini berjalan,” ucapnya.

Berdasarkan Peraturan Menteri Keuangan (PMK) Nomor 120 Tahun 2021, periode diskon PPnBM 100 persen akan berakhir pada Desember 2021. Jadi kurang lebih ada tersisa satu bulan lagi.

Sederet mobil Toyota yang berhak mendapat diskon PPnBM dengan syarat local purchase lebih dari 60 persen, di antaranya adalah:

  • Toyota Avanza
  • Toyota Kijang Innova
  • Toyota Rush
  • Toyota Sienta
  • Toyota Vios
  • Toyota Yaris
  • Toyota Raize.

“Kami mendukung program ini dengan menghadirkan sederet model mobil Toyota yang local purchasenya lebih dari 60 persen. Dan dengan banyak masyarakat yang melakukan pembelian, maka industri lokal kita juga bisa berkembang,” kata Dimas Aska.

Baca Juga: GIIAS 2021: Suzuki Siapkan Platform Baru, Transisi Menuju Elektrifikasi

Dalam GIIAS 2021, Toyota sendiri tak hanya hadirkan sederet mobil baru yang bisa dipinang, namun program kepemilikan mobil sampai pakai mobil.

Sumber

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *