Muhammadiyah Minta Polri Objektif Tangani Kasus Teroris Anggota Fatwa MUI

Kulon Progo: Ketua Umum Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah, Haedar Nashir meminta penangkapan salah satu anggota Komisi Fatwa Majelis Ulama Indonesia (MUI), Ahmad Zain an-Najah atas dugaan terorisme ditangani secara objhektif. Haedar menyerahkan sepenuhnya proses hukum kepada kepolisian agar bisa berjalan adil.
 
“Saya percaya kepolisian akan betul-betul seksama mengatasinya,” kata Haedar usai resepsi Milad ke-109 Muhammadiyah di Sportorium Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY), Kecamatan Kasihan, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Kamis, 18 November 2021.
 
Ia menyadari penangkapan anggota MUI memunculkan beragam isu. Ia meminta masyarakat tak terprovokasi isu miring perihal penangkapan terduga teroris itu yang dilakukan Densus 88 Mabes Polri itu.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?



“Masyarakat jangan sampai juga terprovokasi dan terbawa isu-isu yang akhirnya kita menjadi kontraproduktif dan gaduh karena soal ini,” ungkap Haedar.
 
Baca: Tiga Ustaz Ditangkap Kasus Terorisme Berada di Mabes Polri
 
Haedar meyakini Mabes Polri berupaya menciptakan ketenteraman di lingkungan masyarakat. Menurut dia, proses hukum yang kini berjalan tak perlu dicampuri oleh perkara lain.
 
“Kami berharap potensi positif yang dimiliki masyarakat tidak tercampuri masalah terorisme, sehingga kasus ini bisa tertantani dengan baik oleh kepolisian, pengadilan. Istilahnya supaya kolam Indonesia tidak sampai keruh,” ujarnya.
 
Sebelumnya, Densus 88 Antiteror Mabes Polri menangkap tiga orang diduga berkaitan dengan kelompok teroris kelompok Jamaah Islamiyah (JI) di wilayah Bekasi pada Selasa, 16 November 2021. Tiga yang ditangkap yakni, Ahmad Zain An-Najah, Anung Al Hamat, dan Farid Ahmad Okbah.
 
Belakangan, diketahui bahwa Ahmad Zain An-Najah merupakan Ketua Dewan Syariah Lembaga Amil Zakat Baitul Mal Abdurrahman Bin Auf (LAM BM ABA), Anung Al Hamat sebagai pendiri Perisai Nusantara Esa, dan Fadir Ahmad Okbah merupakan anggota Dewan Syariah LAM BM ABA.
 
LAM BM ABA merupakan lembaga pendanaan yang dikelola oleh kelompok JI, sementara Perisai Nusantara Esa merupakan organisasi sayap kelompok JI. Di sisi lain, Ahmad Zain An-Najah merupakan anggota MUI di Komisi Fatwa. Ahmad Zain kini telah dinonaktifkan dari MUI.

 

Sumber

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *