Kemenhub: Pemerintah Sangat Dorong Percepatan Kendaraan Listrik

Suara.com – Pemerintah sangat mendorong percepatan penggunaan kendaraan listrik di Indonesia, demikian disebutkan Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan Republik Indonesia Budi Setiyadi.

“Yang didorong oleh pemerintah untuk percepatan ini adalah kendaraan bermotor umum dan kendaraan pemerintah. Untuk kendaraan bermotor umum, pemerintah menyasar platform penyedia transportasi online seperti Grab, Gojek, dan Maxim,” jelas Budi Setiyadi dalam sebuah acara virtual, Kamis (18/11/2021) sebagaimana dikutip dari kantor berita Antara.

Dalam mendorong percepatan penggunaan kendaraan listrik, pemerintah tidak hanya bertanggung jawab untuk melakukan uji tipe, namun mengkonversi sepeda motor konvensional menjadi sepeda motor listrik.

Baca Juga: Jual Beli Mobil Bekas Semakin Mudah di GIIAS 2021

Saat ini, Indonesia sudah memiliki empat bengkel yang sudah mendapatkan persetujuan dari Kementerian Perhubungan untuk melayani konversi motor konvensional menjadi motor listrik, seperti di Jakarta dan Surabaya.

“Jadi kita harapkan bahwa percepatan penggunaan kendaraan listrik memang menjadi satu keniscayaan. Mengapa demikian? Agar dapat mengatasi masalah polusi udara dan sebagainya,” tandas Budi Setiyadi.

Pemerintah juga mengatakan pemerintah sedang menggagas beberapa kawasan di Indonesia baik kawasan industri maupun kawasan pariwisata, menjadi kawasan yang benar-benar hijau.

Sejumlah kendaraan roda tiga berbasis listrik parkir di PLN UID Jakarta Raya, di Jakarta, Rabu (3/11/2021). [ANTARA/Dewa Ketut Sudiarta Wiguna]
Sejumlah kendaraan roda tiga berbasis listrik parkir di PLN UID Jakarta Raya, di Jakarta, Rabu (3/11/2021). [ANTARA/Dewa Ketut Sudiarta Wiguna]

“Kami sudah berkomunikasi dengan beberapa gubernur, bupati, walikota, termasuk Bupati Klungkung karena di sana, salah satunya Pulau Nusa Penida, akan dijadikan kawasan khusus bagi populasi sepeda motor listrik,” urai Budi Setiyadi.

“Kemudian, mungkin tidak banyak kita ketahui bahwa satu kabupaten di Papua sekarang ini, hampir seratus persen populasi sepeda motornya itu listrik, di Kabupaten Asmat. Saya sudah berkunjung ke sana, kebetulan secara geografis mungkin agak kesulitan mengenai masalah Bahan Bakar Minyak (BBM). Tapi kami memberikan apresiasi dan mendorong adanya bengkel pemeliharaan di sana,” tandasnya.

Baca Juga: FIFGROUP Dukung Industri Otomotif Indonesia Lewat GIIAS 2021

Penggunaan kendaraan listrik di lingkungan pemerintahan juga merupakan salah satu cara agar masyarakat juga dapat ikut menggunakannya.

“Semakin cepat digunakan oleh pemerintah, saya kira akan semakin cepat pula masyarakat menggunakan itu,” pungkas Budi Setiyadi.

Sumber

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *