Basarnas Gandeng RSUD Doris Sylvanus untuk Bujuk Lansia Korban Banjir Mau Dievakuasi

Palangka Raya: Banjir yang merendam Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah, tak kunjung surut. Tim Basarnas menggandeng RSUD Doris Sylvanus untuk melakukan pendekatan kepada korban banjir, khususnya lansia.
 
Salah satu daerah yang paling terdampak banjir yaitu Jalan Anoi, Kelurahan Palangka, Jekan Raya, Palangka Raya. Para lansia di daerah tersebut enggan dievakuasi walau sudah dua kali dibujuk.
 
“Cukup banyak (lansia yang tidak mau dievakuasi). Kemarin dari tim Basarnas kita sudah mengevakuasi sekitar tiga orang. Sekarang ini kita melakukan pendekatan karena sudah dua kali dibujuk oleh tim Basarnas tetapi tetap tidak mau,” kata dokter RSUD Doris Sylvanus  Ricard dalam tayangan Newsline di Metro TV, Kamis, 18 November 2021.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?



Basarnas bersama dokter dari RS, salah satunya Ricard, mengevakuasi seorang lansia yang bertempat tinggal di jalan Anoy. Lansia tersebut adalah seorang laki laki yang sudah dua tahun menderita stroke.
 
“Sudah dua tahun menderita stroke kita tahu kalau di lokasi banjir seperti ini sulit bagi keluarga maupun pasien kalau seandainya air bertambah tinggi,” ujar Ricard.
 
Ricard mengatakan persiapan yang dilakukan yaitu membawa tandu untuk evakuasi pasien. Sebab, pasien yang dievakuasi tidak dapat berjalan.
 
Ricard menyebut para lansia yang tetap bertahan di tengah banjir akan membahayakan dirinya sendiri. Mereka berpotensi terpapar diare hingga dehidrasi.
 
“Jika dibiarkan dengan kondisi yang ada bisa terjadi dehidrasi dan itu bisa mengakibatkan pasien ini bahkan bisa sampai meninggal apalagi tidak terpantau oleh keluarganya,” kata Ricard. (Widya Finola Ifani Putri)
 
Sumber

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *