6 Fakta Film Escape from Mogadishu yang Menarik Diketahui

Berlatar peristiwa nyata yang terjadi di tahun 1990-an, di Mogadishu, ibu kota Somalia, dua duta besar dari dua Korea berlomba mendapatkan izin dan rekomendasi agar dapat masuk jadi anggota PBB. Han Shin Sung dan Rim Yong Soo melakukan banyak cara untuk sukses dengan tujuannya. Tak lama keadaan jadi kacau karena pemberontakan dan perang saudara di sana.

Ketegangan pun langsung disuguhkan kala suara tembakan terdengar dimana-mana. Dalam keadaan genting karena pemberontak menuntut presiden yang sedang menjabat untuk turun, keselamatan para duta besar terabaikan.

Suasana mencekam dalam film Escape From Mogadishu (2021) tersebut nyatanya pernah benar-benar terjadi. Selain itu, apalagi fakta Escape From Mogadishu (2021) yang menarik diketahui?

Baca juga: Sinopsis dan Review Film Escape from Mogadishu (2021)

1. Dibintangi Aktor-aktor Langganan Awards

Dibintangi Aktor-aktor Langganan Awards

Fakta Escape From Mogadishu (2021) yang sudah jadi rahasia umum adalah bahwa film ini dibintangi jajaran aktor-aktor kelas A. Nama-nama mereka adalah langganan peraih penghargaan bergengsi, baik untuk ketegori serial televisi atau film.

Salah satunya Kim Yoon Seok yang memulai aktingnya sejak 1994. Dimulai dari melalui peran-peran kecil, Kim Yoon Seok perlahan mulai mencapai posisi yang sekarang.

Namanya moncer berkat kemampuan aktingnya di film Tazza: The High Rollers (2006). Dari film tersebut aktor kelahiran 1967 ini langsung memborong tiga kemenangan dan dua nominasi, semua untuk kategori Best Supporting Actor dalam lima penghargaan berbeda, salah satunya 44th Grand Bell Awards.

Aktor senior lainnya yang jadi pemeran utama dalam film ini adalah Heo Joon Ho. Lahir tiga tahun lebih awal dari Kim Yoon Seo, Heo Joon Ho bahkan memulai debut aktingnya di tahun 1988. Pada tahun 1995 dia dinobatkan sebagai Best Supporting Actor untuk perannya di film The Terrorist (1995) oleh 16th Blue Dragon Film Awards.

Sang aktor sangat aktif di layar kaca atau layar lebar. Penghargaan yang dia ‘koleksi’ pun tidak cuma berasal dari film melainkan aktingnya di berbagai serial.

Berkat perannya sebagai Duta Besar Korea Utara di film Escape From Mogadishu (2021), Heo Joon Ho memenangkan dua Best Supporting Actor di acara 30th Buil Film Awards dan 41st Korean Association of Film Critics Awards.

Jo In Sung sendiri punya sederet prestasi membanggakan yang terus datang sejak tahun 2000, hingga paling baru dia dinobatkan sebagai Star of the Year oleh 30th Buil Film Awards untuk perannya di Escape From Mogadishu (2021).

Tak jauh beda dengan Koo Kyo Hwan, aktor yang langsung menarik perhatian berkat perannya di serial D.P (2021) ini juga langganan penghargaan. Dari 2017 hingga saat ini, dia sudah memenangkan penghargaan dan masuk nominasi di penghargaan yang berbeda-beda.

2. Diadaptasi dari Kejadian Nyata

Diadaptasi dari Kejadian Nyata

Ketegangan yang disuguhkan dalam film Escape From Mogadishu (2021), yaitu ketika Korea Selatan dan Korea Utara bekerjasama untuk keluar dari Mogadishu yang kacau, diangkat dari sebuah kisah nyata. Peristiwa yang jadi latar belakang film ini adalah ketika Somali Civil War pecah di tahun 1988 sampai 1990.

Karakter Presiden Barre yang disebut-sebut dalam film ini merujuk pada Siad Barre, yaitu Presiden Republik Somalia dari 1969 hingga 1991.

Film ini juga menampilkan Jenderal Aidid sebagai pemimpin United Somali Congress yang merujuk pada tokoh Mohammed Farrah Aidid. Diceritakan dalam film bahwa Aidid lah yang memimpin pemberontakan perang saudara di Somalia karena sikap Barre yang sewenang-wenang terhadap rakyat.

3. Masuk 13 Nominasi Ajang Blue Dragon Film Awards 2021

Masuk 13 Nominasi Ajang Blue Dragon Film Awards 2021

Fakta Escape From Mogadishu (2021) selanjutnya adalah bahwa ia menjadi film paling banyak yang dinominasikan dalam penghargaan Blue Dragon Film Awards di tahun 2021. Tidak tanggung-tanggung, namanya masuk dalam 13 dari 18 nominasi yang akan diberikan oleh penghargaan tersebut.

Baca juga:

Escape From Mogadishu (2021) memborong belasan kategori utama pada penghargaan yang pemenangnya dipilih langsung berdasarkan survei para pakar industri film dan penonton.

Beberapa nominasi yang diraihnya antara lain sebagai Best Film, Best Director, Best Actor, Best Supporting Actor dan Best Scenario. Kesuksesan film garapan Ryoo Seung Wan ini mengungguli film-film lain yang juga masuk dalam nominasi di ajang itu.

Film yang dimaksud di antaranya The Book of Fish (2021) yang dinominasikan dalam 9 kategori, Space Sweepers (2021) yang masuk dalam 8 nominasi serta Miracle (2021), The Day I Died: Uncloses Case (2021) dan The Call (2021) yang masing-masing dinominasikan dalam 6 kategori.

4. Panen Piala di 30th Buil Film Awards dan Masuk Box Office Korea

Panen Piala di 30th Buil Film Awards dan Masuk Box Office Korea

Bicara fakta Escape From Mogadishu (2021) tak jauh-jauh dari prestasinya yang membanggakan. Setelah menjadi film dengan raihan nominasi terbanyak di Blue Dragon Film Awards 2021, ia juga panen piala di ajang Buil Film Awards ke 30.

Dari 11 nominasi, film ini memenangkan 6 di antaranya, masing-masing adalah Best Film, Best Supporting Actor yang diraih Heo Joon Ho, Best Screenplay, Best Cinematography, Best Music dan Star of the Year Award untuk Jo In Sung.

Selain itu perolehan pendapatan dari penayangannya pun berada di angka yang memuaskan. Escape From Mogadishu (2021) berhasil menarik 1 juta penonton selama satu minggu penayangannya di bioskop.

Berdasarkan data pada KOBIS atau Korean Box Office Information System, pendapatan film ini mencapai jumlah yang fantastis, yaitu 28,7 juta dollar Amerika.

5. Dipilih Mewakili Korea di Oscar Tahun Depan

Dipilih Mewakili Korea di Oscar Tahun Depan

Seolah tak cukup mendapatkan piala demi piala, Escape From Mogadishu (2021) juga dipilih KOFIC atau Dewan Perfilman Korean mewakili Korea Selatan ke ajang 94th Oscar tahun depan.

Film ini diharapkan dapat menjadi juara dalam kategori Best Feature Film International. Ia diharapkan dapat menyusul prestasi Parasite (2019) di kancah internasional.

Terpilihnya film ini sebagai wakil Korea Selatan ke ajang Oscar tentu bukan tanpa alasan. Ia menerima banyak sambutan positif di dalam atau luar negeri. Penjualan tiketnya pun mencapai angka yang fantastis. Belum lagi rentetan penghargaan yang sudah dan siap diterima oleh mereka.

6. Direkomendasikan Jaemin NCT Dream

Direkomendasikan Jaemin NCT Dream

Fakta Escape From Mogadishu (2021) lain yang menarik diketahui adalah ia termasuk film Asia yang direkomendasikan Jaemin NCT Dream. Jaemin diketahui gemar membagikan rekomendasi-rekomendasi, baik lagu atau film yang dia sukai pada para penggemarnya.

Setidaknya ada empat film yang direkomendasikan. Dua film Korea, yaitu Escape From Mogadishu (2021) dan Hostage: Missing Celebrity (2021) yang dibintangi Hwang Jung Min, satu film romantis dari Jepang yang dibintangi Sota Fukushi dan Nana Komatsu.

My Tomorrow, Your Yesterday (2016) dan terakhir film horor Thailand yang sedang hits karya sutradara Banjong Pisanthanakun, The Medium (2021).

Itu dia beberapa fakta tentang Escape From Mogadishu (2021), film Korea Selatan yang paling banyak dibicarakan di tahun 2021 ini karena prestasinya.

Film yang bercerita tentang perjuangan dua Korea saat meleburkan ego masing-masing untuk sama-sama selamat dari pemberontakan di Mogadishu ini bukan hanya tegang tetapi juga menghangatkan hati.

Sumber

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *