Tunisia dan Kamerun lengkapi peserta putaran ketiga zona Afrika

Jakarta (ANTARA) – Tim nasional Tunisia dan Kamerun melengkapi daftar peserta putaran ketiga kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Afrika, setelah keduanya mengunci kelolosan sebagai juara grup masing-masing.

Tunisia, yang berada di Grup B, memastikan kelolosan seusai membekuk Zambia 3-1 dalam pertandingan di Stadion Hammadi Agrebi, Tunis, Selasa waktu setempat (Rabu WIB).

Gelandang Aissa Laidouni, pemain sayap Mohamed Drager dan bek sayap Ali Maaloul bergantian menjebol gawang Zambia demi membantu Tunisia memimpin 3-0 hingga turun minum.

Tim tamu baru bisa membalas sepuluh menit jelang bubaran waktu normal melalui gol penyerang Rangers, Fashion Sakala, tetapi Tunisia tetap nyaman memenangi pertandingan 3-1.

Kemenangan itu mengunci posisi Tunisia sebagai juara Grup B dengan koleksi 13 poin dan melangkah ke putaran ketiga nanti.

Posisi kedua Grup B diperoleh oleh Guinea Ekuator yang dalam pertandingan lain hanya bermain imbang 1-1 melawan Mauritania di Nouakchott. Guinea Ekuator mengumpulkan 11 poin di atas Zambia (7) dan Mauritania (2).

Baca juga: Hasil laga zona Afrika, persaingan ke Piala Dunia Qatar kian sengit

Sementara itu di Grup D, Kamerun sukses mengalahkan Pantai Gading dengan skor 1-0 berkat gol semata wayang penyerang Karl Toko Ekambi pada menit ke-21 di Stadion Japoma, Douala.

Hasil itu bukan saja membalaskan kekalahan yang diderita pada awal September lalu, tetapi juga membuat Kamerun mengambil alih posisi juara Grup D dengan raihan 15 poin sembari menggusur Pantai Gading yang harus puas finis di urutan kedua tertinggal dua poin.

Satu pertandingan pemungkas putaran kedua lainnya, dimainkan di Grup I, di mana Maroko menang 3-0 atas Guinea di Stadion Mohamed V, Casablanca.

Hasil itu menahbiskan Maroko sebagai satu-satunya tim yang menyapu bersih kemenangan enam pertandingan di putaran kedua dan finis di pucuk Grup I dengan raihan 18 poin penuh, demikian catatan laman resmi CAF.

Selain menyusul Maroko, yang sudah lolos jauh-jauh hari, Tunisia dan Kamerun juga mengikuti jejak tujuh negara lain yang memesan tempat di putaran ketiga yakni Aljazair di Grup A, Nigeria (C), Mali (E), Mesir (F), Ghana (G), Senegal (H) dan Republik Demokratik Kongo (J).

Putaran ketiga kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Afrika akan dimainkan dengan format pertandingan kandang-tandang pada Maret tahun depan yang memperebutkan lima tiket ke Qatar.

Baca juga: Mesir jaga catatan nirkalah di putaran kedua kualifikasi zona Afrika
Baca juga: Tunisia jadikan penampilan di Mesir bekal Piala Dunia
Baca juga: Hasil pertandingan kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Afrika

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Junaydi Suswanto
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Sumber

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *