Tren Fitur Keselamatan Mobil Baru Diperkirakan Akan Terus Meningkat

Suara.com – Fitur keselamatan menjadi salah satu pertimbangan konsumen dalam membeli mobil. Semakin lengkap fitur yang dimiliki, konsumen semakin merasa aman dalam berkendara.

Bagaimana dengan fitur keselamatan yang terdapat pada New Mitsubishi Xpander?

General Manager of Product Strategy Division PT MMKSI, Guntur Harling menjelaskan, pihaknya selalu memperhatikan tren fitur keselamatan. Tren ini akan semakin meningkat di masa mendatang.

“Tidak hanya tren tapi kami juga pikir ke depan fitur-fitur akan jadi pertimbangkan kami untuk bisa diterapkan di kendaraan Mitsubishi Motors,” ujar Guntur Harling, di area GIIAS 2021, ICE BSD, Tangerang, Rabu (17/11/2021).

Baca Juga: Dari GIAC, GIIAS 2021: Mobil Listrik dan Insentif Tarif PPnBM

Penampakan bagian kemudi Mitsubishi New Xpander saat dipamerkan dalam gelaran GAIKINDO Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2021 di Indonesia Convention Exhibition (ICE) BSD, Serpong, Tangerang, Banten, Senin (15/11/2021). [Suara.com/Alfian Winanto]
Dasbor dan lokasi airbag di bagian kemudi Mitsubishi New Xpander, tampil di GAIKINDO Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2021 di Indonesia Convention Exhibition (ICE) BSD, Serpong, Tangerang, Banten, Senin (15/11/2021) [Suara.com/Alfian Winanto]

Guntur menambahkan, selama ini Mitsubishi Motors sudah memiliki fitur yang advance atau maju, seperti yang sudah ada di salah satu varian Mitsubisi Pajero Sport. Untuk model ini sudah disematkan advance safety feature.

“Kami juga mencermati perkembangan pasar dan memang situasinya sudah ke arah sana (semakin maju),” kata Guntur.

Sebagai catatan, pesaing New Mitsubishi Xpander, yaitu All-New Toyota Avanza memiliki teknologi fitur keselamatan aktif terbaru mengandalkan sensor dan radar yaitu Toyota Safety Sense (TSS). TSS pada All-New Avanza meliputi empat fitur keselamatan:

Fitur pertama adalah Pre-Collision Warning and Pre-Collision Braking yang mengandalkan sistem radar yang dirancang untuk membantu mengurangi risiko tabrakan dengan kendaraan lain di depan dengan memberikan daya pengereman, bahkan hingga berhenti darurat jika diperlukan.

Baca Juga: The 15th GIAC di GIIAS 2021 Bahas Kendaraan Terelektrifikasi, Ditargetkan 600 Ribu Unit

Fitur Pedal Missoperation Control yang mengurangi potensi kecelakaan akibat salah menginjak pedal gas, dengan menyetel alarm peringatan, menerapkan pengereman, dan membatasi distribusi tenaga agar mobil melambat.

Fitur ketiga adalah Lane Departure Warning and Lane Departure Prevention yang membantu mencegah mobil berpindah jalur secara tidak sengaja di jalan, dengan memberikan suara alarm saat mobil bergerak menyamping di jalan lurus.

Fitur keempat, Front Departure Alert yang memberikan peringatan yang dapat didengar ketika mobil di depan tiba-tiba bergerak mendekat saat sedang mengantre di tengah kemacetan.

Sumber

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *