Sinopsis dan Review Royal Secret Inspector & Joy (2021)

Menjadi inspektur kerajaan pemula membuat Ri Ya Eun tak bisa menolak ketika ditugaskan sebagai inspektur rahasia kerajaan. Bersama dua pelayannya dia pergi ke Provinsi Chungcheong yang jauh dari ibu kota, Hanyang. Di sana dia bertemu wanita yang sedang mengurus perceraian dengan suaminya, Kim Jo Yi.

Melakukan penyamaran sebagai rakyat biasa, Ri Ya Eun menyelidiki kasus kematian mencurigakan yang terjadi di sana. Mampukah dia memecahkan kasus tersebut?

Dibintangi Ok Taecyeon dan Kim Hye Yoon, drama sageuk Royal Secret Inspector & Joy (2021) siap bersaing dengan drama yang sudah tayang sebelumnya. Berjumlah 16 episode, dua episode pertamanya sudah berjalan seru. Gak percaya? Simak bersama sinopsis dan ulasannya berikut ini!

Baca juga: Sinopsis & Review Haechi, Kisah Empat Pejuang Penuh Ajaran

  • Tahun Rilis: November 2021
  • Genre: Comedy, Sageuk
  • Produksi: Studio Dragon, Mongjakso
  • Sutradara: Yoo Jong Sun
  • Pemeran: Ok TaecYeon, Kim Hye Yoon, Lee Joon Hyuk, Yang Hee Kyung
  • Jumlah Episode: 16

Sinopsis

Ri Ya Eun tak pernah menyangka jika dirinya yang masih pemula bekerja di kantor penasihat khusus kerajaan langsung ditugaskan menjadi inspektur rahasia kerajaan. Tugasnya berat karena sangat berisiko, apalagi beberapa inspektur rahasia yang ditugaskan tak pernah kembali dengan selamat atau sehat-sehat saja.

Ri Ya Eun tak bisa menolak dan langsung dihadapkan pada kasus kematian inspektur rahasia yang sebelumnya. Apakah dia bisa memecahkannya?

Episode 1-2

Episode 1-2

Ri Ya Eon merupakan petugas baru di kantor penasihat khusus kerajaan. Dia baru tahu kalau petugas yang ditugaskan menjadi inspektur rahasia kerajaan tak pernah kembali dalam keadaan sehat atau selamat.

Inspektur Park yang jadi inspektur rahasia kerajaan di Provinsi Chungcheong bahkan tak diketahui kabarnya. Oleh karenanya semua petugas sebisa mungkin menghindari pekerjaan tersebut.

Malam harinya sekretaris kerajaan mendatangi kediaman Ri Ya Eon untuk menugaskannya menjadi inspektur rahasia kerajaan. Tak bisa menolak karena tidak ada kandidat lain, Ri Ya Eon terpaksa pergi ditemani dua pelayannya, Yuk Chil dan Goo Pal.

Semakin kaget karena Ri Ya Eon mengetahui kalau dia ditugaskan di Provinsi Chungcheong Kiri yang jaraknya cukup jauh. Satu hal yang membuatnya semangat pergi ke Provinsi Chungcheong adalah makanan yang dijual di salah satu kedai terkenal di sana. Kedai tersebut adalah milik Hwang Bo Ri, teman Kim Jo Yi.

Kim Jo Yi sendiri sedang mengurus perceraian dengan No Chu Han. Namun, pemerintah setempat tak bisa begitu saja mengabulkannya karena Jo Yi harus membawa saksi.

Jo Yi meminta Bo Ri menjadi saksi karena bagaimana pun sebagai pemilik kedai dia pasti pernah melihat No Chu Han berjudi. Di samping itu Jo Yi terkejut sekaligus senang mengetahui bahwa Bo Ri sedang mengandung anak salah satu pejabat di sana bernama Jang Ki Wan.

Bo Ri bukan hanya menjadi selir tapi dia juga diminta Jang Ki Wan menyembunyikan buku besar catatan kantor Provinsi Chungcheong.

Jang Ki Wan ternyata berada dalam masalah karena dia menenggelamkan kapal pembawa pajak sesuai perintah kepala keadilan. Buku besar yang dia titipkan adalah nyawa mereka sehingga Bo Ri harus menyimpan itu baik-baik dan membawanya pergi saat ada perintah untuk pergi.

Ketika tiba waktunya Bo Ri bersaksi untuk perceraian Jo Yi, wanita itu tidak datang. Jo Yi marah dan bergegas menuju rumah sekaligus kedai tempat usaha Bo Ri.

Di saat bersamaan Ri Ya Eon dan dua pelayannya juga sudah ada di sana tapi kecewa karena kedai tutup. Jo Yi lantas mencari Bo Ri ke berbagai penjuru desa hingga akhirnya Bo Ri ditemukan meninggal di sungai.

Baca juga:

Mayatnya langsung dibawa paksa oleh pejabat lokal. Jo Yi tidak diberi kesempatan untuk berduka. Ri Ya Eon hanya bisa menyaksikan dari kejauhan. Tak lama sesosok mayat lain ditemukan di pantai.

Mayat tersebut tampaknya adalah Inspektur Park yang ditugaskan kerajaan sebelumnya. Dia penumpang kapal pembawa pajak yang ditenggelamkan Jang Ki Wan.

Ri Ya Eon tak ingin ikut campur tapi melihat dua kematian yang aneh dan lencana kepemilikan kuda yang hanya dimiliki inspektur kerajaan pada jasad Inspektur Park, dia mulai tergerak.

Sementara itu ditemukannya jasad Inspektur Park membuat Jang Ki Wan panik karena tak tahu di mana Bo Ri menyimpan buku besar yang sempat dia titipkan. 

Jo Yi membakar barang-barang milik Bo Ri. Tanpa sengaja dia ikut membakar buku besar yang dicari Ki Wan. Buku besar yang sudah sebagian terbakar itu dia simpan.

Ri Ya Eon sendiri terus menyelidiki kasus kematian Inspektur Park dengan bantuan Yuk Chil dan Goo Pal. Di tempat berbeda Park Tae So murka mengetahui buku besar itu tak berhasil ditemukan.

Jo Yi membuka-buka buku besar yang dia pegang dan menemukan stempel pemerintah lokal. Dia pun menggunakan itu untuk bernegosiasi dengan Ki Wan agar mau menyetujui perceraiannya.

Jo Yi berjanji akan menyerahkan buku tersebut jika dia resmi bercerai. Ri Ya Eon menemukan beberapa bukti terkait kematian Inspektur Park. Hari itu dia memutuskan keluar dari penyamaran.

Di saat bersamaan putusan cerai Jo Yi dan Chu Han disidangkan. Ketika surat perceraian hendak diberi cap, Ri Ya Eon dan rombongan datang.

Dia langsung mendakwa Ki Wan dengan tuduhan pembunuhan terhadap Inspektur Park untuk melindungi korupsi yang dilakukannya. Ki Wan bersikeras mengaku tidak membunuh Park tapi Ri Ya Eon tak mau dengar.

Begitu kantor Ki Wan akan disegel, Jo Yi berteriak lantang. Dia ingin surat perceraiannya disahkan lebih dulu. Sang ibu mertua Jang Pat Soon dengan percaya diri merobek surat tersebut tapi Ri Ya Eon tanpa diduga mengesahkan perceraian tersebut. Jo Yi resmi berpisah dengan suaminya.

Inspektur Kerajaan dan Dua Pelayannya yang Kocak

Inspektur Kerajaan dan Dua Pelayannya yang Kocak

Royal Secret Inspector & Joy (2021) melengkapi drama sageuk tahun ini dengan genre yang segar. Ia hadir dengan cerita yang berputar di sekitar kehidupan seorang inspektur kerajaan bernama Ri Ya Eun. Ri Ya Eun punya sisi menarik karena dia hobi sekali memasak. Dia juga punya dua pelayan yang setia dan konyol.

Drama berjumlah 16 episode ini dibuka dengan sesuatu yang lucu dan semakin lucu di menit-menit berikutnya. Terutama saat Ri Ya Eun yang masih pemula ditugaskan menjadi inspektur rahasia kerajaan; tugas yang dihindari banyak petugas karena berisiko besar.

Di tengah tugas yang serius, scene-scene mengundang tawa disajikan oleh Taecyeon, Min Jin Woong dan Park Kang Sub sebagai majikan dan dua pelayannya.

Perjuangan Wanita di Era Joseon Gugat Cerai

Perjuangan Wanita di Era Joseon Gugat Cerai

Selain Taecyeon, Royal Secret Inspector & Joy (2021) juga dibintangi oleh Kim Hye Yoon. Aktris cantik yang meroket melalui drama Sky Castle (2019) ini berperan sebagai Kim Jo Yi.

Dengan pembawaan yang khas, Kim Hye Yoon mampu menghidupkan karakter Jo Yi di drama ini. Dia adalah wanita yang sudah menikah tapi berani menggugat cerai ketika terus-menerus diperlakukan buruk oleh mertua dan suaminya.

Kim Jo Yi menjadi pembeda di antara wanita-wanita yang menurut tapi tersiksa oleh kehidupan rumah tangganya. Perceraian pada masa itu bukan sesuatu yang ber-image baik, tapi Kim Jo Yi tidak memedulikannya.

Kim Jo Yi bersikeras berpisah sekaligus tetap memperlakukan mertuanya dengan baik. Alur drama ini semakin seru ketika dua orang berbeda latar belakang tersebut dipertemukan dalam kasus pembunuhan.

Pecahkan Kasus Pembunuhan Mencurigakan

Pecahkan Kasus Pembunuhan Mencurigakan

Royal Secret Inspector & Joy (2021) berbeda dengan drama-drama sageuk di tahun ini. Konfliknya bertemakan investigasi dan penyelidikan yang sudah pasti menjanjikan keseruan. Kalau kamu suka drama-drama detektif, bisa mencobanya.

Sampai episode 2, penyelidikan yang dilakukan menyuguhkan analisis-analisis sederhana yang tidak terlampau rumit seperti drama investigasi modern, tapi tetap seru untuk diikuti.

Seperti pada salah satu scene ketika Ri Ya Eun bisa mengetahui ada yang aneh dari kematian Inspektur Park karena bersama jasadnya ikut hanyut pula potongan kayu dari sebuah kapal. Dia mengumpulkan informasi dari orang-orang yang mengerti kapal serta mendapatkan pengakuan dari saksi.

Selain investigasi yang penuh dengan analisis menarik, drama ini juga menawarkan chemistry antara Taecyeon dan Kim Hye Yoon. Kekonyolan mereka yang sudah ditampilkan sejak episode pertama sayang dilewatkan.

Perkembangan hubungan mereka juga bikin penasaran, apakah akan ada love line? Sebatas teman bertengkar yang lucu? Ataukah Jo Yi yang berani bisa membantu Ri Ya Eun menyelesaikan kasus-kasus lainnya? Kita ikuti sama-sama ceritanya!

Sumber

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *