Sinopsis dan Review Drama Korea Melancholia (2021)

Setelah sempat diundur penayangannya karena salah satu staf terkena Covid-19, drama Melancholia (2021) akhirnya tayang. Dibintangi Im Soo Jung dan Lee Do Hyun, drama ini punya premis dan fokus cerita yang cukup berbeda dari drama kebanyakan.

Kim Sang Hyeob, sebagai sutradara mencoba menyuguhkan kerumitan rumus-rumus dari matematika dengan pengemasan yang apik. Lee Do Hyun sebagai murid jenius tampil meyakinkan, begitu pula Im Soo Jung yang tampil apik sebagai guru matematika yang hebat.

Duet mereka yang diceritakan beda usia belasan tahun menjadi andalan untuk memikat penonton. Bagaimana keseruan drama ini? Yuk, simak sinopsis dan ulasan selengkapnya berikut ini!

Baca juga: Sinopsis dan Review Film Now We’re Breaking Up

  • Tahun Rilis: November 2021
  • Genre: Drama
  • Produksi: Bon Factory Worlwide
  • Sutradara: Kim Sang Hyeob
  • Pemeran: Im Soo Jung, Lee Do Hyun, Choi Dae Hoon, Oh Gwang Rok
  • Jumlah Episode: 16

Sinopsis

Ji Yoon Su diminta menjadi tenaga pengajar untuk kelas lanjutan matematika di SMA Asung. Perhatiannya terfokus pada seseorang yang secara misterius menjawab soal-soal yang dia buat secara benar. Setelah beberapa lama, Yoon Su menemukan bahwa orang itu adalah Baek Seung Yoo, salah satu murid yang bersekolah di SMA Asung. Lantas apa yang akan terjadi antara mereka?

Episode 1-2

Episode 1-2

No Jung A selaku Direktur SMA Swasta Asung memberikan sambutannya di depan wali-wali murid yang hadir. Ji Yoon Su merusak momen Jung A tampil pintar di depan wali murid. Tak lama dia dibawa oleh pihak kepolisian.

Sejurus kemudian Baek Seung Yoo tiba dan coba bicara pada Yoon Su bahwa dia akan membuktikan. Sampai di kantor polisi Yoon Su mulai diinterogasi dengan tuduhan telah meniduri muridnya, Baek Seung Yoo.

Empat bulan sebelumnya Yoon Su yang terkenal jenius dalam bidang matematika mendapat tawaran untuk mengajar kelas matematika lanjutan di SMA Asung. Di kereta dia bertemu Baek Seung Yoo dan tas mereka tertukar secara tidak sengaja. Keduanya kemudian janji bertemu untuk mengembalikan tas masing-masing.

Kelas matematika lanjutan pun dimulai tapi Yoon Su tampak kecewa karena tak ada satu pun siswa yang lolos tes level. Dia lalu dikagetkan oleh jawaban benar yang ditempel di majalah dinding sekolah secara misterius. Untuk mengetahui identitas pelakunya Yoon Su coba memancing dengan pertanyaan lain.

Baek Seung Yoo sebagai pelaku sebenarnya merasa tertantang. Dia pun menjawab soal itu di depan mading tapi saat Yoon Su datang guru matematika tersebut melihat Sung Ye Rin lah yang berdiri di depan mading dan mengira bahwa dia pelakunya. Sung Ye Rin tidak menyangkal hal itu padahal dia tahu bahwa Baek Seung Yoo yang mengerjakannya.

Sung Ye Rin, putri anggota dewan yang tidak terlalu pintar matematika membenci Seung Yoo. Dia merasa tersaingi oleh kepintaran pemuda tersebut dan menyalahkan Seung Yoo atas kegagalannya.

Ye Rin benci terhadap Baek Seung Yoo yang pura-pura bodoh. Esoknya ketika Yoon Su meminta Ye Rin mengerjakan soal yang sama di papan tulis, gadis itu akhirnya mengaku kalau dia sudah berbohong.

Yoon Su semakin penasaran hingga tanpa sengaja menemukan petunjuk dari sebuah video milik siswa lainnya. Dia akhirnya tahu bahwa siswa jenius yang membuatnya terkesan adalah Baek Seung Yoo.

Di sisi lain wacana olimpiade matematika yang akan digelar di Korea serta anggaran besar yang mungkin akan diterima SMA Asung bergulir di antara para petinggi, termasuk ayah Ye Rin.

Calon suami Yoon Su, Ryu Sung Jae, merupakan petugas administrasi di Kementrian Pendidikan Bidang Perencanaan dan Koordinasi. Oleh Sung Min Joon, ayah Ye Rin, dia dilibatkan dalam kompetisi SMP dan SMA di Olimpiade Matematika Internasional.

Artinya akan ada kompetisi matematika antara siswa yang nantinya menjadi perwakilan di olimpiade. Yoon Su yang mendengar itu dari Sung Jae langsung terpikir untuk mengirim Baek Seung Yoo.

Baca juga:

Yoon Su menilai keistimewaan Baek Seung Yoo terletak pada caranya melihat dunia dari sudut pandang matematika. Hari itu ayah Baek Seung Yoo, Baek Min Sik, sengaja menemui Yoon Su di sekolah untuk menunjukkan video yang memperlihatkan kejeniusan putranya dalam matematika.

Saat umur 10 tahun Baek Seung Yoo rupanya sudah bergabung dengan MIT dengan nama Baek Min Jae. Baek Min Sik ingin Yoon Su membimbing putranya.

Namun, melihat perubahan drastis pada diri Baek Seung Yoo, Yoon Su merasa pemuda itu tidak membutuhkan bimbingannya. Baek Seung Yoo yang tak bisa berhenti memikirkan soal yang diajukan Yoon Su kembali ke sekolah di malam hari dan mulai mengerjakannya.

Tak berselang lama Yoon Su juga datang. Mereka berdua mengerjakan soal di papan tulis semalam suntuk dengan semangat. Keberadaan mereka yang bermalam di sekolah gara-gara mengerjakan soal dilaporkan pada Jung A oleh wakil kepala sekolah, Choi Sung Han.

Menyaksikan video yang memperlihatkan semangat Baek Seung Yoo dalam mengerjakan soal matematika bersama Yoon Su malam itu membuat ayah dan ibu Seung Yoo merasa lega. Min Sik semangat memasukkan putranya ke Sekolah Sains untuk anak-anak berbakat tapi Seung Yoo menolak dan membuat Min Sik sangat marah.

Seung Yoo lari dari rumah dan bertemu Yoon Su yang mengantar tunangannya pulang. Yoon Su coba mengejar tapi Seung Yoo malah menganggapnya pembohong karena dia mengira Yoon Su menyarankan sang ayah untuk mendaftarkannya ke Sekolah Sains. Seung Yoo seperti ingin mengubur kenangannya ketika ‘menjadi’ Baek Min Jae.

Yoon Su berusaha menahan Baek Min Sik ketika membawa putranya pergi dan pindah sekolah ke Sekolah Sains. Dia bersedia mengajari Seung Yoo tapi sudah terlambat. Seung Yoo sendiri akhirnya mengetahui kalau yang merekomendasikan dia ke Sekolah Sains adalah No Jung A, bukan Yoon Su.

Kepindahan Seung Yoo ke Sekolah Sains memang bagian dari rencana Jung A dan ayah Ye Rin. Tujuannya tentu saja agar Ye Rin tidak memiliki saingan yang bisa menghalanginya lolos ke olimpiade.

Seung Yoo mengerjakan tes ujian masuk di Sekolah Sains, sementara murid SMA Asung juga bersiap mengisi soal-soal ujian untuk kompetisi matematika. Ketika ujian akan dimulai, tanpa diduga Seung Yoo datang dan mengejutkan Yoon Su, Jung A dan Ye Rin.

Dua Jenius Matematika Siap Mengesankanmu

Dua Jenius Matematika Siap Mengesankanmu

Memasang Lee Do Hyun dan Im Soo Jung sebagai dua karakter utamanya, Melancholia (2021) akan membuatmu terkesan dengan dua orang jenius di bidang matematika.

Dari dua episode pertama, latar belakang mereka sudah diperlihatkan secara cukup jelas. Im Soo Jung sebagai Ji Yoon Su adalah guru matematika yang terkenal sangat berbakat.

Yoon Su seperti sebuah jaminan yang bisa diandalkan untuk mengantarkan murid-muridnya berhasil dalam berbagai kejuaraan bergengsi. Dia sendiri adalah peraih macam-macam penghargaan pada kompetisi matematika, termasuk olimpiade.

Kecintaannya pada matematika tak bisa dilawan hingga akhirnya dia menemukan rekan yang sepadan. Dia adalah murid SMA kelas 8 berusia 18 tahun bernama Baek Seung Yoo. Lee Do Hyun dengan wajahnya yang sendu pas sekali membawakan karakter Seung Yoo yang di dua episode pertama ini digambarkan cukup muram dan pendiam.

Scene ketika mereka kompak bekerjasama dan penuh semangat mengerjakan soal di papan tulis, seperti mengandung sihir.

Drama Bertema Unik yang Segmented

Drama Bertema Unik yang Segmented

Ditulis oleh Kim Ji Woon yang sebelumnya juga menulis untuk Doctor John (2019), drama berjumlah 16 episode ini punya tema yang sangat unik. Selama ini kita terpesona oleh drama-drama yang menampilkan kepintaran para dokter, para jaksa atau pengacara atau para detektif, tapi bagaimana dengan kejeniusan orang-orang ahli matematika?

Melancholia (2021) coba menyuguhkan tema tersebut dengan risiko tersendiri. Pasalnya materi-materi dan konflik utama dalam drama ini berbau hitung-hitungan, rumus serta teori yang gak terlalu akrab serta sulit bagi banyak orang sehingga cukup segmented.

Menariknya sutradara bisa mengemas kerumitan  itu menjadi sesuatu yang asyik, gampang dan bersemangat. Salah satunya dengan visualisasi yang menampilkan rumus-rumus itu sendiri juga dengan sudut pandang tentang matematika dalam kehidupan.

Konflik Terasa Terlalu Padat

Konflik Terasa Terlalu Padat

Sayangnya, konflik drama ini terasa terlalu padat. Kerumitan soal matematika lanjutan dengan berbagai rumus dan cara penyelesaian yang panjang bukan satu-satunya masalah yang akan menguras pikiranmu saat nonton Melancholia (2021).

Di dua episode pertamanya saja drama ini sudah dibumbui dengan ambisi, persaingan antara anggota keluarga hingga Seung Yoo yang punya trauma terhadap masa lalunya.

Konflik yang sudah padat tersebut rasanya tak perlu ditambah lagi dengan love line antara karakter Seung Yoo dan Yoon Su.

Dengan konflik-konflik yang ada drama ini sudah punya cerita yang kuat dan emosional tanpa perlu dibumbui romansa beda usia semacam itu, apalagi sampai menimbulkan kontroversi karena memuat hubungan asmara antara guru dan murid. Di luar itu Melancholia (2021) tetap bikin penasaran untuk diikuti. Tertarik?

Sumber

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *