Pengelolaan Volume Sampah di Daerah Cekungan Bandung

DAERAH Cekungan Bandung atau biasa disebut Bandung Raya merupakan wilayah yang terdiri atas Kota Bandung, Kota Cimahi, Kabupaten Bandung, Kabupaten Bandung Barat, dan Kabupaten Sumedang. 

Penduduk yang mencapai lebih dari 8 juta jiwa di daerah tersebut tentu berimbas pada jumlah sampah yang dihasilkan, misalnya, di Kota Bandung mencapai 1.600 ton per hari dan di Kabupaten Bandung mencapai 1.410,1 ton per hari.
 
Semakin banyak sampah yang dihasilkan juga membuat tempat pembuangan akhir (TPA) menjadi overload. TPA Sarimukti, misalnya, yang hanya berkapasitas 1.200 ton per hari justru menampung sampah hingga 2.000 ton per hari. Demi mengatasi masalah itu, Tempat Pengolahan dan Pemrosesan Akhir Sampah (TPPAS) Legok Nangka yang berlokasi di perbatasan Kabupaten Bandung-Garut segera disiapkan. 

Di proyek tersebut, pemerintah pusat menyediakan subsidi hingga Rp1,7 triliun, dengan syarat jumlah sampah yang diolah harus dapat memberikan nilai ekonomi. Ditargetkan, TPPAS Legok Nangka dapat beroperasi pada 2023 dan TPA Sarimukti di Kabupaten Bandung Barat tidak akan dipakai lagi. DoK Media Indonesia

Sumber

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *