Manfaat Punya Tanaman Hias di Rumah, Salah Satunya Tingkatkan Fokus

Jakarta: Memiliki tanaman hias masih menjadi tren yang cukup banyak dilakukan masyarakat. Dan ternyata memiliki tanaman hias tidak hanya bisa mempercantik rumah atau feed media sosial, ini juga bisa bermanfaat bagi kesehatan dan kesejahteraan secara keseluruhan.

Dilansir dari Healthline, berikut ini adalah berbagai manfaat dari memiliki tanaman hias:
 

Mengurangi tingkat stres

Sebuah studi yang diterbitkan dalam Journal of Physiological Anthropology menemukan bahwa tanaman di rumah atau kantor dapat membuat seseorang merasa lebih nyaman, tenang, dan dekat dengan alam. 

Mereka menemukan bahwa tugas berkebun dalam ruangan menurunkan respons stres pada peserta. Para peneliti menyimpulkan bahwa bekerja dengan tanaman dapat mengurangi stres fisiologis dan psikologis.
 

Meningkatkan dan mempertajam fokus

Dalam sebuah penelitian kecil yang melibatkan 23 peserta, peneliti menempatkan siswa di ruang kelas dengan tanaman palsu, asli, foto tanaman, atau tanpa tanaman sama sekali. 

Pemindaian otak peserta menunjukkan bahwa siswa yang belajar dengan tanaman sungguhan di kelas, lebih perhatian dan lebih mampu berkonsentrasi daripada siswa di kelompok lain.

manfaat tanaman dalam rumah
(Selain menyerap racun penyebab penyakit, lidah mertua bisa menyerap karbondioksida dan melepas oksigen maksimal pada malam harinya sekaligus menjadi manfaat terapeutik. Foto: Ilustrasi/Pexels.com) 
 

Memiliki manfaat terapeutik

Bagi orang yang mengalami gejala penyakit mental, berkebun dalam ruangan dapat membantu. Peneliti telah menggunakan terapi hortikultura untuk meningkatkan perasaan bahagia di antara orang-orang dengan depresi, kecemasan, demensia, dan kondisi lainnya.
 

Meningkatkan produktivitas

Berbagai penelitian telah menemukan bahwa tanaman di ruang kerja meningkatkan produktivitas dan kreativitas. Dan sebuah studi tahun 2007 menunjukkan bahwa orang-orang yang memiliki lebih banyak tanaman di ruang kerja mereka mengambil lebih sedikit cuti dan lebih produktif di tempat kerja.
 

Mempercepat pemulihan dari sakit

Mampu melihat tanaman dan bunga dapat mempercepat pemulihan seseorang dari penyakit, cedera, atau operasi. 

Sebuah tinjauan penelitian tahun 2002 mengungkapkan bahwa orang yang dirawat karena beberapa jenis operasi membutuhkan lebih sedikit obat penghilang rasa sakit dan memiliki masa rawat inap yang lebih pendek daripada orang yang tidak melihat tanaman hijau selama masa pemulihan mereka.
(TIN)

Sumber

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *