Kontes Mobil Hemat Energi 2021, Unesa Jadi Tuan Rimah

Suara.com – Universitas Negeri Surabaya menjadi tuan rumah Kontes Mobil Hemat Energi 2021 atau KMHE 2021 yang diselenggarakan Pusat Prestasi Nasional (Pupresnas), Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi di Sirkuit Gelora Bung Tomo pada 16-19 November 2021. Demikian dikutip dari kantor berita Antara.

“Ini merupakan tugas yang diberikan Kemendikbud Ristek kepada Unesa. Bahkan jauh-jauh hari, kami sudah mengerahkan tim untuk menyukseskannya,” jelas Rektor Unesa Prof. Dr. Nurhasan, M.Kes., usai pembukaan KMHE 2021 di Surabaya, Selasa (16/11/2021).

“Masa depan negara, termasuk soal kebutuhan energi ada di tangan anak-anak muda saat ini,” tambahnya.

Mobil listrik berbasis Android dari UII Yogyakarta (suara.com/Welly Hidayat)
Mobil listrik berbasis Android dari UII Yogyakarta. Sebagai ilustrasi  (suara.com/Welly Hidayat)

Selain itu, kompetisi juga dapat meningkatkan kemampuan soft skill dan hard skill para mahasiswa dalam menjawab persoalan energi nasional, bahkan di dunia.

Baca Juga: Jadi Narasumber dalam Seminar GIIAS 2021, Ini Imbauan DEN untuk Gaikindo

Rektor berharap kompetisi akan berjalan lancar dan para peserta bisa mengikutinya tanpa hambatan hingga acara selesai.

“Harapannya kompetisi ini jadi momentum agar hasil produknya bisa diakui oleh bangsa sendiri, karena ini adalah ciptaan anak bangsa dari seluruh perguruan tinggi hebat di Indonesia,” katanya.

Sementara itu, Kooordinator Pokja Dikti Rizal Alfian mengatakan pada kompetisi ini temuan mobil hemat energi ini diharapkan bisa diaplikasikan dalam teknologi otomotif.

Ia menjelaskan, total ada 24 tim yang lolos ke tahap final dan akan beraksi di Sirkuit GBT selama empat hari ke depan.

Baca Juga: Bertandang ke Booth Daihatsu di GIIAS 2021, Tersedia 500 Voucher Promo

“Harapan mendatang akan ada database talenta dan akan memberikan beasiswa kepada mahasiswa agar bisa melanjutkan ke S2 dan menjamin masa depan mereka,” kata Rizal Alfian.

Para peserta KMHE 2021 sebelumnya telah melewati berbagai tahapan, mulai dari penilaian laporan desain kendaraan, seleksi laporan desain kendaraan, hingga seleksi virtual technical inspection pada 20 September hingga 1 Oktober 2021.

Sumber

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *