Dari GIIAS 2021: Bebas Berwaswas dengan Asuransi Digital Kendaraan Bermotor

Suara.com – Salah satu kemudahan pembelian kendaraan baru di pentas GAIKINDO Indonesia International Auto Show atau GIIAS 2021 adalah dukungan dari asuransi mobil dan asuransi motor yang mudah dijumpai di berbagai booth.

Seiring berjalannya waktu termasuk adanya edukasi tentang kebutuhan asuransi atau perlindungan atas kendaraan bermotor, tingkat kepedulian konsumen untuk mencari produk asuransi mobil baru atau motor juga semakin tinggi.

Utamanya saat mengetahui bahwa asuransi ini berfungsi memindahkan risiko dari situasi yang tidak diharapkan. Contohnya mobil mengalami kerusakan akibat ulah manusia atau bencana alam, sampai kehilangan karena aksi pencurian, dan sebagainya.

Baca Juga: Dari GIAC, GIIAS 2021: Mobil Listrik dan Insentif Tarif PPnBM

Dalam bincang-bincang Suara.com bersama Asuransi Astra di GIIAS 2021, Rudy Chen, Chief Executive Officer (CEO) Asuransi Astra mengungkapkan adanya digitalisasi yang dilakukan pihaknya membuat proses klaim asuransi semakin efisien dan singkat.

“Awalnya disebutkan bahwa akan terjadi disrupsi digital sehingga kami mulai menyiapkan Garda Mobile website pada 2019. Mulai layanan asuransi kendaraan, sampai vendor-vendor otomotif dibuat. Dalam perjalanannya, terjadi pandemi COVID-19 yang mensyaratkan untuk mengurangi interaksi dengan orang lain, sehingga proses digitalisasi semakin cepat,” paparnya.

Kekinian, sebagai salah satu contoh kemudahan klaim, Gunawan Salim, Chief Marketing Officer – Retail Business Asuransi Astra menambahkan bahwa khusus untuk daerah remote atau terpencil, klaim asuransi kendaraan bisa diajukan sesegera mungkin.

“Kendaraan yang akan dimintakan klaim asuransi difoto sendiri, dikirimkan kepada kami, dan nanti staf kami akan mendatangi untuk survei,” jelasnya.

Hal ini menyingkat proses sebelumnya, yaitu melaporkan, ditinjau atau survei, dihitung persentase, dan dilakukan penggantian atau perbaikan ke bengkel resmi atau rujukan.

Baca Juga: Booth Toyota Gazoo Racing GIIAS 2021: Filosofi Membangun Ever-better Cars Lewat Balapan

Lantas untuk pelaporan klaim asuransi di daerah tidak terpencil juga lebih efisien. Cukup melaporkan kejadian sebelum tenggat waktu yang disebutkan, baik secara online atau langsung menghubungi pihak asuransi. Kemudian membawa kendaraan untuk survei.

Sumber

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *