BPCB Jawa Timur Ekskavasi Candi Songgoriti

Batu: Tim Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Jawa Timur melakukan ekskavasi pada Candi Songgoriti di Desa Songgokerto, Kecamatan Batu, Kota Batu, Jawa Timur. Proses ekskavasi dilakukan sejak 10 November, dan bakal berjalan hingga 19 November 2021 nanti.
 
“Target kami adalah untuk mengetahui bentuk dan keruangan dari Candi Songgoriti ini,” kata Ketua Tim Ekskavasi Penyelamatan Situs Candi Songgoriti BPCB Jawa Timur, Muhammad Ichwan, Rabu 17 November 2021.
 
Hasil ekskavasi sejak hari pertama hingga saat ini, BPCB telah membuka sebanyak 22 kotak gali. BPCB kemudian menemukan adanya sudut barat laut dan sudut tenggara dari batur bangunan Candi Songgoriti.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?



“Setelah membuka 22 kotak gali itu, ditemukan batur di sisi utara dan timur. Saat ini, kami mencoba mencari di sisi selatan dan barat. Untuk batur sisi selatan, hingga kemarin itu masih belum kami dapatkan. Saat ini sedang mencari batur sisi barat,” ujarnya.
 
Baca: Arkeolog Temukan Candi Tempat Sembahyang Umat Hindu di Jombang
 
Pihaknya masih berupaya mencari luasan Candi Songgoriti. Sehingga perlu dilakukan ekskavasi maupun pendataan hingg survei permukaan untuk mengetahui keluasan dari situs ini.
 
Di sisi lain, Ichwan menyebutkan bahwa Candi Songgoriti sebelumnya berfungsi sebagai tempat pemujaan atau ritual agama Hindu. Selain itu, secara arsitektural, bangunan Candi Songgoriti mencerminkan Kerajaan Mataram Kuno.
 
“Kesitimewaan dari Candi Songgoriti tersebut karena dibangun di dekat dengan sumber air panas dan dingin. Itu keistimewaannya. Di sini, berdasarkan aristekturalnya mencerminkan Jawa Tengah, Mataram kuno. Dari pendapat para ahli ini dibangun pada abad 9-10 Masehi,” jelasnya.
 
Sebagai informasi, Candi Sanggariti atau Songgoriti adalah sebuah candi yang terletak di Kota Batu, Jawa Timur, Indonesia. Candi ini berada di dekat satu sumber air panas, yang di sekitarnya terdapat tempat outbound Malang, dan juga pasar wisata.
 

 

Sumber

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *