15 Kecamatan di Kabupaten Kuningan Rawan Bencana

Kuningan: Sebanyak 15 kecamatan di Kabupaten Kuningan, Jawa Barat, dipetakan sebagai daerah rawan bencana. Masyarakat diminta meningkatkan kesiapsiagaan.
 
Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Kuningan, Indra Bayu Permana menjelaskan dampak La Nina di sebagian wilayah di Indonesia diprediksi akan dirasakan mulai awal November tahun ini.
 
“Kabupaten Kuningan juga telah siaga darurat hidrometeorologi mulai November hingga April 2022,” tutur Indra, Selasa, 16 November 2021.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?



BPBD Kabupaten Kuningan sudah memetakan sebanyak 15 kecamatan masuk kategori rawan kebencanaan.
 
“Baik itu longsor, pergerakan tanah, banjir. Sesuai dengan kondisi geografisnya,” tutur Indra. 
 
Baca juga: Tambang Batu Bara Ilegal di Batas Balikpapan-Kukar Ditutup
 
Di wilayah selatan Kabupaten Kuningan, kejadian yang sering dilaporkan yaitu pergerakan tanah dan longsor. Di antaranya Kecamatan Hantara, Kadugede, Ciniru, Karangkancana, Subang, Selajambe dan Cilebak.
 
Selain itu masih ada pula daerah-daerah yang rawan banjir, khususnya saat terjadi luapan sejumlah sungai. Untuk itu, masyarakat diminta meningkatkan kesiapsiagaan, khususnya jika curah hujan sudah mulai mengalami peningkatan dan turun dalam waktu yang cukup lama.
 
Dijelaskan Indra berdasarkan prakiraan dari BMKG Stasiun Kertajati, peningkatan curah hujan akan terjadi pada Januari 2022. Saat ini hujan memang sudah mulai sering turun hujan di Kabupaten Kuningan, namun untuk peristiwa kebencanaan yang terjadi masih dalam skala kecil dan tidak menimbulkan korban jiwa.
 
Sumber

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *