Populer Ekonomi Harian: Utang Luar Negeri hingga Surplus Neraca Dagang RI Cetak Rekor

Jakarta: Berita populer ekonomi harian Medcom.id pada Senin, 15 November 2021 didominasi dari dalam negeri. Mulai dari utang luar negeri Indonesia hingga jaminan protokol kesehatan (prokes) di World Superbike.
 
Tak hanya itu, ada satu berita global yang juga menarik pembaca Medcom.id. Berikut lima berita terpopuler harian di kanal ekonomi.

1. Keren, Ekspor dan Surplus Neraca Perdagangan RI Cetak Rekor Tertinggi

Badan Pusat Statistik (BPS) menyebut nilai ekspor dan surplus neraca perdagangan pada Oktober 2021 merupakan yang tertinggi sepanjang sejarah. Pada bulan lalu, ekspor Indonesia tercatat mencapai USD22,03 miliar sementara surplus neraca perdagangan adalah sebesar USD5,73 miliar.
 
Baca selengkapnya di sini

2. Utang Luar Negeri Indonesia Naik Jadi USD423,1 Miliar di Kuartal III-2021

Bank Indonesia (BI) mencatat utang luar negeri (ULN) Indonesia pada akhir kuartal III-2021 tercatat sebesar USD423,1 miliar atau tumbuh 3,7 persen (yoy), lebih tinggi dibandingkan dengan pertumbuhan kuartal sebelumnya sebesar 2,0 persen (yoy). Perkembangan tersebut disebabkan oleh peningkatan pertumbuhan ULN sektor publik dan sektor swasta.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Baca selengkapnya di sini

3. Ada Bantuan Pemerintah Rp2 Juta untuk Pelaku Parekraf, Begini Cara Daftarnya

Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif menyosialisasikan aplikasi Bantuan Pemerintah bagi Usaha Pariwisata (BPUP) 2021 sebagai upaya mempermudah penyaluran bantuan bagi pelaku pariwisata dan ekonomi kreatif dari sisi pendataan dan mekanisme distribusinya.
 
Baca selengkapnya di sini

4. Persiapan Sudah 100%, Sandiaga Jamin Prokes Ketat di World Superbike

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno menyebut kesiapan penyelenggaraan event internasional World Superbike (WSBK) Mandalika 2021 di Pertamina International Street Circuit, Nusa Tenggara Barat sudah mencapai seratus persen.
 
Baca selengkapnya di sini

5. Bank Sentral Tiongkok Siap Jaga Pasar Properti Tetap Stabil

Bank sentral Tiongkok atau People’s Bank of China (PBoC) akan bertindak untuk menjaga pasar properti tetap stabil dan mencegah harga naik dengan cepat. Hal itu dilakukan dengan harapan tidak memberi dampak negatif secara signifikan terhadap perekonomian Tiongkok.
 
Baca selengkapnya di sini
 
Sumber

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *