Gandeng Produsen Mobil, Kawasaki dan Yamaha Mulai Kembangkan Motor Berbahan Bakar Hidrogen

Suara.com – Kawasaki dan Yamaha kini sedang menjalin kerja sama untuk mengembangkan motor berbahan hidrogen.

Hal ini mereka lakukan setelah sebelumnya mereka juga melakukan kerja sama bersama Honda dan Suzuki dalam pengembangan motor elektrik.

Dilansir dari Visordown, dua produsen motor kencang asal Jepang ini juga melibatkan produsen kendaraan roda empat, seperti Mazda, Subaru dan Toyota, di mana sebelumya Toyota juga bekerja sama dengan Denso.

Yamaha memiliki fokus pada komponen dan suku cadang internal, selain prototipe mesin, studi pembakaran, kinerja output, dan studi pengembangan. Denso bertugas mengembangkan direct injection injector dan busi.

Baca Juga: Iba dengan Kakek Tukang Pompa Manual, Pemotor Sengaja Kempeskan Ban Motornya

Kawasaki telah melakukan pengembangan motor bahan bakar hidrogen sejak 2010 dan saat ini sedang berusaha menelurkan bahan bakar hidrogen cair pertama di dunia.

Motor tiga roda Kawasaki. (MCN)
Motor tiga roda Kawasaki. (MCN)

Mereka berencana untuk menyelesaikan produk pada akhir tahun ini, dan bahan bakar futuristik dibuat dari batubara coklat Australia.

Perusahaan sudah memiliki mesin statis yang menggunakan gas hidrogen, dengan tujuan memperkenalkannya ke mobil, sepeda, kapal, dan pesawat di masa mendatang.

Dan bukan hanya dua pabrikan sepeda motor yang beraksi, Honda dan Suzuki akan bergabung dalam proyek ini lebih jauh, dengan empat besar bersatu dalam pencarian bahan bakar ‘konvensional’ netral karbon untuk sepeda motor dari semua ukuran.

Wujud usaha pengembangan Yamaha dan Toyota adalah mobil yang dilombakan dalam rangkaian balapan ketahanan di Suzuka, Autopolis, dan Fuji. Di balik kemudi mobil itu tak lain adalah CEO Toyota Akio Toyoda.

Baca Juga: Viral Video Pria Kaget saat Buka Bagasi Sepeda Motor, Isinya sampai Bikin Muntah

Sumber

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *