Arkeolog Temukan Candi Tempat Sembahyang Umat Hindu di Jombang

Jombang: Badan Pelestari Cagar Budaya, menemukan bangunan kuno di Dusun Kwasen, Desa Menganto, Kecamatan Mojowarno, Kabupaten Jombang. Bangunan kuno tersebut, diduga merupakan sebuah candi yang dipakai sebagai tempat pemujaan umat Hindu.
 
Dalam struktur candi tersebut ditemukan Arca Nandiswara dan mahakala di pintu masuk bangunan. Bangunan kuno yang diduga sebagai Candi ini diketahui dari proses eskavasi yang dilakukan sejumlah arkeolog di area yang diduga bangunan kuno. Bangunan kuno ini ditemukan sebagai candi, setelah para arkeolog menyelesaikan proses eskavasi sejak 5 hari lalu, atau Jumat 12 November 2021.
 
Dalam proses eskavasi, para erkolog menemukan sebuah Arca Nandiswara dengan perwujudan pria memegang senjata trisula. Arca itu, ditemukan tidak utuh di kedalaman 70 sentimeter di sisi barat bangunan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?



“Selain Arca Nadiswara, kami juga menemukan Arca Mahakala berukuran 63 sentimeter dalam perwujudan pria tanpa mahkota berdiri memegang senjata gada. Bahkan, arca itu juga ditemukan di sisi utara bangunan dalam keadaan tertimbun tanah sedalam 70 sentimeter,” kata Arkeolog BPCB Jatim, Vidi Susanto, Selasa 16 November 2021.
 
Baca: Jelang Libur Nataru, Akses 94 Objek Wisata di Bali Diperketat
 
Meski begitu, hingga saat ini BPCB Jatim masih melakukan pengukuran struktur pada batu bata kuno, tersebut. Penggalian dilakukan, guna menemukan dimensi bangunan asli dari seluruh struktur. Menurut Vidi, jika ada arca berada pada sisi kiri dan kanan pintu masuk, bangunan kuno ini diduga kuat sebuah candi untuk pemujaan suci era Hindu Siwa.
 
“Bahkan diperkirakan bangunan candi tersebut masih kateogi virgin dan belum rusak yang kini sudah diketahui segi dimensinya seluas 64 meter persegi,” terangnya.
 
Rencananya, ekskavasi situs Pandegong ini akan dilakukan selama 10 hari ke depan guna memunculkan seluruh bangunan yang saat ini masih tertanam di dalam tanah
 
Sumber

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *