22 Unit Bus Berbasis Digital Diuji Coba di Makassar

Makassar: Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan melalui Dinas Perhubungan melakukan uji coba pada 22 bus berbasis digital yang disebut Teman Bus sebagai layanan transportasi massa di Kota Makassar.
 
“Program ini permintaan bapak Plt Gubernur ke Kementerian Perhubungan supaya ada layanan transportasi massa yang bisa meng-cover kawasan karena kemarin itu ada layanan yang bekerja sama Pemkot Makassar untuk DAMRI tapi tidak maksimal,” ungkap Kepala UPT Transportasi Mamminasata Dishub Sulsel Prayudi syamsibar di Makassar, Senin, 15 November 2021.
 
Moda transportasi ini menawarkan pola beli layanan yang tidak lagi menargetkan jumlah penumpang, namun mengutamakan ketepatan waktu tempuh agar penumpang lebih mudah mengestimasi waktu sampai ke tempat tujuan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?



“Jadi tidak lagi tunggu penumpang baru jalan, semua ada waktunya, termasuk berada di halte hanya 5-7 menit saja,” kata dia.
 
Baca juga: Oknum Guru Ngaji Cabul di Tulungagung Hanya Dikenai Wajib Lapor
 
Sebagai moda transportasi berbasis digital, Teman Bus, kata Yudi, sapaan Prayudi Syamsibar, pergerakan bus bisa dipantau melalui aplikasi yang bisa diunduh lewat gawai masing-masing.
 
Sementara pada penggunaannya, Teman Bus dikenakan tarif Rp3.500 untuk umum dan Rp2.000 untuk pelajar maupun mahasiswa yang pembayarannya menggunakan e-Money.
 
“Tarifnya sekarang masih nol rupiah, tapi untuk satu Minggu ini masih bisa naik saja cuma nanti pembayarannya pakai kartu elektronik yang sudah ada, semua Bank BUMN dan termasuk Bank swasta,” jelas Yudi
 
Teman Bus yang diuji cobakan mulai Senin hingga sepekan ke depan berbasis digital itu, berstandar layanan bus seperti di kota-kota besar lainnya di Indonesia. Disediakan aplikasi dalam memantau perjalanan bus pada empat koridor yang tersedia.
 
Adapun empat koridor dengan rute masing-masing yakni koridor 1 dengan rute Terminal Malengkeri-Jalan Metro Tanjung Bunga, koridor 2 Bandara sultan Hasanuddin-Mal Panakkukang, koridor 3 Kampus 2 PNUP-Kampus 2 PIP dan koridor 4 Pelabuhan Soekarno Hatta Makassar-UIN Samata Gowa.
 
Sebanyak 22 bus yang diuji cobakan ini merupakan hibah Kementerian Perhubungan dari total 87 unit bus yang disiapkan untuk Sulsel hingga akhir November 2021, namun penyerahannya secara bertahap.
 
“Untuk saat ini masih coba 1 koridor, rutenya dari Bandara Sultan Hasanuddin ke Mal Panakkukang,” terang dia.
 
Sumber

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *