Jadi Sponsor Indonesia Master 2021, Ini Alasan Daihatsu Terjun ke Bulu Tangkis

Suara.com – Dalam bidang Corporate Social Responsibility atau CSR, PT Astra Daihatsu Motor (ADM) memiliki empat pilar. Yaitu Pintar, Sehat, Sejahtera, dan Hijau bersama Daihatsu. Khusus untuk pilar Sehat Bersama Daihatsu, pilihan jatuh kepada sponsorship atau pendanaan bulu tangkis.

Dalam bincang bersama Daihatsu Indonesia di booth GIIAS 2021 (GAIKINDO Indonesia International Auto Show), ada alasan khusus mengapa cabang olah raga bulu tangkis menjadi pilihan perusahaan otomotif satu ini.

“Berdasarkan survei tentang olah raga favorit di Tanah Air, hasil yang didapat adalah sepak bola, bulu tangkis, dan basket. Pilihan kami jatuh pada nomor dua, karena cabang bulu tangkis sudah menelurkan banyak juara dan turut mengharumkan nama Indonesia,” papar Eko Priyanto, Promotion Department Head PT Astra Daihatsu Motor (ADM).

Baca Juga: GIIAS 2021: Daihatsu Indonesia Sampaikan Harapan PPnBM DTP Diperpanjang

Dengan putusan Daihatsu Indonesia ini, pihak prinsipal di Jepang juga turut memberikan kontribusi. Caranya, dengan memberikan sponsor kepada tim bulu tangkis nasional Jepang.

“Sehingga kini, ada tiga event yang disponspori Daihatsu untuk cabang olah raga bulu tangkis. Yaitu Daihatsu Indonesia Master, Daihatsu Perodua Master di Malaysia, serta tim nasional bulu tangkis Jepang,” lanjut Eko Priyanto.

Digelar di Bali 16-21 November 2021, Agung Firman Sampurna,Ketua Umum PBSI 2020 – 2024 dan penyelenggara Daihatsu Indonesia Master 2021 dalam acara tanya jawab zoom menyampaikan acara siap digelar dengan protokol kesehatan ketat.

Turnamen bulutangkis Daihatsu Indonesia Masters 2021 kali ini mengalami peningkatan level menjadi BWF World Tour Super 750, dari yang sebelumnya BWF World Tour Super 500.

Turnamen ini menyediakan hadiah total 600 ribu dolar Amerika Serikat (AS) atau setara hampir Rp 8,5 miliar. Dan mengingat pandemi COVID-19 belum berakhir, turnamen berlangsung dalam sistem bubble (gelembung) dan tanpa dihadiri penonton.

Baca Juga: Kunjungi Booth Daihatsu di GIIAS 2021, Coba Hitung Ada Berapa Ekor King Kong?

Beberapa pemain bulu tangkis kelas dunia yang akan berlaga di turnamen Daihatsu Indonesia Masters 2021 adalah Greysia Polii dan Apriyani Rahayu, Marcus Fernaldi Gideon dan Kevin Sanjaya Sukamuljo, Praveen Jordan dan Melati Daeva Oktavianti, Anthony Sinisuka Ginting, serta para pemain mancanegara.

Berikut adalah komitmen Daihatsu dalam usaha dan wujud nyatanya mendukung olahraga bulu tangkis di Indonesia:

1. Penyelenggaraan turnamen bulutangkis bertaraf internasional melalui Daihatsu Indonesia Masters yang rutin diadakan setiap tahun sejak 2018. Daihatsu kembali menjadi sponsor utama, dan bekerja sama dengan PBSI (Persatuan Bulutangkis Seluruh Indonesia) kembali menyelenggarakan Daihatsu Indonesia Masters 2021 yang berlangsung di Westin Nusa Dua, Bali, pada 16-21 November 2021.

2. Penyelenggaraan turnamen bulu tangkis berskala nasional melalui Daihatsu ASTEC Open (Alan Susy Technology), sejak 2016. Turnamen yang dimulai secara lokal ini diadakan di hingga 10 kota besar di Indonesia sebagai wadah bagi para pemain muda berbakat dan berpotensi untuk berkiprah di cabang bulutangkis bekerja sama dengan Persatuan Bulutangkis Seluruh Indonesia (PBSI).

3. Peresmian klub bulu tangkis di Indonesia lewat Daihatsu Candra Wijaya International Badminton Center di Tangerang pada 2018, untuk mengembangkan atlet bulutangkis Indonesia sejak usia dini.

Sumber

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *