Begini Cara Ganti Nama dan Password Tethering atau Hotspot di Smartphone

Jakarta: Layanan internet gratis atau WiFi di tempat umum atau cafe tidak selalu bagus. Kita kerap baru mengetahui kualitas koneksi WiFi setelah kita memesan makanan atau minuman. Padahal kita mungkin kita membutuhkan internet cepat untuk kebutuhan mendesak seperti mengirim email atau dokumen pekerjaan.
 
Hal ini wajar terjadi karena selama ini kita beranggapan koneksi internet WiFi alis fixed broadband punya kecepatan tinggi dan stabil alias tidak putus-putus dibandingkan internet seluler alias dari tethering atau hotspot smartphone.
 
Sayang, kadang kita tidak terlalu sering menggunakan internet dari tethering atau hotspot smartphone sehingga tidak jarang melupakan password alias atau kata sandinya.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?



Bagi sebagian orang bahkan kata sandi tersebut sama sekali belum pernah diganti sejak pertama membeli smartphone yang digunakan. Kembali lagi, alasannya mungkin karena selama ini kita mengandalkan WiFi atau baru kali ini membutuhkan tethering karena kini menggunakan lebih dari dua device yaitu salah satunya laptop.
 
Medcom.id sudah membuat panduan mudah cara mengganti password tethering atau hotspot di smartphone. Caranya sangat mudah, berikut langkahnya: 
 
1. Medcom.id mengujinya pada smartphone ROG Phone 5 yang masih menggunakan sistem operasi Android 11 sehingga tidak berbeda jauh dengan smartphone merek lain.
 
2. Pertama tarik notification/status bar dengan menyapukan jari dari sisi atas layar ke bawah. Di sini biasanya akan tersedia ikon bertuliskan Hotspot untuk memgaktifkan fitur tethering.
 
3. Tekan ikon Hotspot agak lama hingga layar menampilkan halaman pengaturan. Anda akan dibawa langsung ke halaman pengaturan Hotspot atau Tethering.
 
4. Di halaman tersebut pilih menu bertuliskan Hotspot atau Tethering dan Anda akan dibawa ke halaman berisi nama Hotspot serta password yang disembunyikan lewat simbol bintang.
 
5. Di sini Anda cukup menekan menu bagian Hotspot Password untuk menggantinya. Apabila mau, Anda juga bisa menekan menu Hotspot Name untuk mengganti nama Hotspot atau Tethering sesuai yang diinginkan.
 
6. Setelah semua selesai cukup kembali ke halaman Home. Kini apabila Anda mengaktifkan Hotspot atau Tethering bisa langsung menggunakan kata sandi atau password yang baru.
 
Hal yang perlu dicatat adalah pastikan nama Hotspot atau Tethering Anda diganti dengan nama yang mudah dibedakan dari perangkat lain. Jadi Anda tidak bingung untuk terhubung saat berada di tempat umum dan kemungkinan besar menemukan pengguna dengan jenis atau merek smartphone yang sama.
 
Jangan lupa untuk rajin mengganti password Hotspot atau Tethering secara berkala karena langkah sederhana ini bisa membantu Anda tercegah menjadi korban peretasan atau hacker yang bisa menebak kata sandi tersebut. Anda harus menggunakan kata sandi yang unik dan hanya diketahui oleh Anda sendiri.
 
Sumber

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *