Rusia gasak Siprus, Swedia dipecundangi Georgia

Jakarta (ANTARA) – Tim nasional Rusia sukses menggasak Siprus 6-0 dalam lanjutan Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Eropa ketika di laga lain yang berlangsung bersamaan Swedia dipecundangi 0-2 oleh Georgia.

Menjamu Siprus di Stadion Saint Petersburg, Kamis waktu setempat (Jumat WIB), Rusia menang telak atas juru kunci klasemen Grup H tersebut guna memantapkan posisi mereka di puncak.

Pemain sayap Aleksandr Yerokhin membawa Rusia unggul cepat saat pertandingan baru berusia empat menit lewat sontekan jarak dekatnya.

Rusia melanjutkan pesta gol mereka di babak kedua melalui Fedor Smolov, Andrey Mostovoy, Aleksey Sutormin dan Anton Zabalotny ke gawang Siprus.

Yerokhin kembali mencetak gol tiga menit jelang bubaran waktu normal untuk menggenapi kemenangan 6-0 yang dibukukan Rusia.

Hasil itu membuat Rusia semakin mantap di puncak klasemen Grup H dengan koleksi 22 poin, unggul lima poin atas Kroasia (17) yang baru main lebih larut, demikian catatan laman resmi UEFA.

Baca juga: Lima pemain timnas Jerman harus dikaratina setelah positif COVID-19

Dalam laga lain yang berlangsung bersamaan di Batumi Arena, Georgia sukses menciptakan kejutan menjungkalkan pemuncak klasemen sementara Grup B, Swedia, dengan skor 2-0.

Gelandang serang Khvicha Kvaratskhelia memborong dua gol kemenangan Georgia kendati mereka relatif lebih banyak ditekan oleh tamunya sepanjang laga.

Walau menang, nasib Georgia tak berubah sebab mereka sudah menuntaskan semua pertandingan di Grup B dan dipastikan tak berpeluang untuk lolos ke putaran final Piala Dunia 2022 maupun fase playoff.

Georgia tetap menempati urutan keempat dengan tujuh poin, sedangkan Swedia (15) kini posisinya terancam disalip oleh Spanyol (13) yang baru main di laga lebih larut.

Di Stadion Olimpiade Baku, tuan rumah Azerbaijan harus mengakui keunggulan Luksemburg yang meraih kemenangan 3-1 untuk lanjutan Grup A.

Azerbaijan dipastikan menjadi juru kunci klasemen Grup A setelah hanya mengumpulkan satu poin dari delapan pertandingan, sedangkan Luksemburg (9) juga tak punya peluang lolos lagi dan menempati peringkat ketiga meski masih memiliki satu laga untuk dimainkan.

Di Grup J, Makedonia Utara menjaga asa mereka untuk memperoleh satu tiket babak playoff setelah melumat Armenia 5-0 dalam lawatan ke Stadion Vazgen Sargsyan Republican, Yerevan.

Makedonia Utara sementara naik ke posisi kedua dengan koleksi 15 poin, mengungguli Rumania (13) yang baru main lebih larut.

Baca juga: Alami cedera paha, Paul Pogba absen bela Prancis di Kualifikasi PD
Baca juga: Immobile kian perparah krisis cedera pemain yang dialami Azzurri
Baca juga: Masa-masa genting kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Eropa

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Irwan Suhirwandi
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Sumber

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *