Review dan Sinopsis Serial Thriller The Defeated (2021)

The Defeated atau bisa juga disebut sebagai Shadowplay adalah serial Netflix yang berlatar belakang di Jerman paska berakhirnya Perang Dunia II.

Serial ini menceritakan seorang detektif Amerika bernama Max McLaughlin yang ditugaskan ke Berlin mencari saudaranya, seorang prajurit Angkatan Darat yang hilang ketika bertugas untuk memenangkan perang tersebut.

Serial ini menawarkan cerita fiksi tentang kekacauan di Kota Berlin, Jerman, ketika para Sekutu berebut kekuasaan di sana setelah peperangan berakhir.

Bukan hanya itu saja, premis cerita The Defeated cukup menarik karena Max McLaughlin bekerjasama dengan seorang kepala polisi wanita, Elsie Garten, untuk memerangi kejahatan, dan skandal yang ada di Berlin

Baca juga: Sinopsis & Review Film Thriller The Lighthouse (2019)

Sinopsis

Sinopsis
  • Tahun rilis: 2021
  • Genre: Drama, thriller
  • Rumah produksi: Tandem Productions dan Bron Studios
  • Sutradara: Mans Marlind, dan Bjorn Stein
  • Pemeran Utama: Taylor Kitsch, Michael C. Hall, Logan Marshall-Green, Nina Hoss, Tuppence Middleton  

Pada tahun 1946 selepas berakhirnya Perang Dunia II, Kota Berlin tengah berbenah dari reruntuhan akibat peperangan yang terjadi. Situasi kota masih belum kondusif, dan kekacauan tetap membayangi di sudut-sudut jalan Berlin.

Di suatu hari, Kepala Polisi Wanita Berlin, Elsie Garten, mengumpulkan timnya untuk membicarakan sebuah kasus pembunuhan yang mengorbankan seorang perempuan berusia muda. Elsie lalu meminta timnya untuk mencari tahu siapa yang melakukan tindakan kejam tersebut.

Elsie juga mulai mencurigai bahwa seorang dokter bernama Werner Gladow, yang dikenal sebagai “The Angel Maker”, adalah orang yang bertanggung jawab atas kasus pembunuhan wanita muda tersebut. 

Di tempat lain, seorang wanita bernama Karin Mann datang kepada Werner untuk mendapatkan pengobatan setelah dirinya diperkosa oleh dua orang tentara Amerika. Werner meyakinkan kepadanya bahwa ia bisa saja mengobatinya, namun dirinya meminta Karin agar terlebih dulu melakukan suatu pekerjaan rahasia untuknya.

Sementara itu, pada hari pertamanya di Kota Berlin, Max McLaughlin, seorang detektif NYPD dari Amerika Serikat, dikirim untuk melatih, dan mengatur regu polisi darurat yang dipimpin oleh Elsie.

Ketika Max sampai di markas mereka, ia terkejut bahwa regu darurat terdiri dari sebagian besar warga sipil yang tidak terlatih, dan mereka tidak dipersejantai pistol apapun.

Seorang warga kemudian melapor ke markas polisi, dan mengatakan jika pihak Rusia tengah menembak orang di jalanan. Max, Elsie, dan timnya merespon laporan itu, dan berhasil membujuk dua tentara Rusia untuk menghentikan tembakan.

Namun, Pemimpin militer sektor Rusia, Alexander Izosimov, memberi tahu kepada Max bahwa peristiwa penembakan akan menjadi masalah militer negaranya.

Max lalu menginstruksikan Elsie beserta timnya untuk mengambil pernyataan dari para saksi yang melihat secara langsung, dan memeriksa TKP dengan cermat agar mendapatkan bukti yang akurat atas kejadian tersebut.

Selepas dari kejadian itu, Max pergi menemui Tom Franklin, seorang perwakilan konsulat Amerika di Berlin. Tom mengatakan kepadanya bahwa saat ini keadaan di Kota Berlin sedang sangat kacau.

Max juga mengungkapkan pada Tom bahwa selain membantu tim polisi Jerman, ia juga memiliki misi pribadi, yakni sedang berusaha mencari saudaranya, Moritz, yang keberadaannya masih belum diketahui.

Kemudian, seorang wanita bernama Marianne, yang bekerja untuk “The Angel Maker”, membawa Karin, yang kini telah menjadi rekrutan baru dari Dokter Werner, untuk menculik dua tentara Amerika, dan membunuhnya.

Marieanne lalu mengajak Karin ke sebuah tempat persembunyian, dan mengatakan kepadanya bahwa ia secepatnya akan mendapakan keadilan.

Bersaing Memperebutkan Berlin

Bersaing Memperebutkan Berlin

Dalam The Defeated, dijelaskan jika paska Perang Dunia II kendali Kota Berlin dibagi antara kekuasaan Amerika Serikat, Rusia, Perancis, dan Inggris. Selain itu juga, serial ini mencoba menunjukkan kepada kita seperti apa keadaan di Berlin selepas perang berakhir, dimana seluruh pasukan Sekutu memiliki kepentingannya masing-masing untuk mendapatkan otoritas kekuasaan.

Baca juga:

Ironisnya, keserakahan perebutan kekuasaan tersebut berbanding terbalik dengan kondisi warga Jerman yang menderita mulai dari kemiskinan, kelaparan, dan kejahatan yang merajarela. Selama 45 menit di setiap episodenya, kondisi itu diperlihatkan dengan bumbu-bumbu drama yang tepat, dan polemik sosial yang penuh intrik.

Lalu, situasi Kota Berlin sehabis perang pun digambarkan lewat visual sinematografi yang terlihat cukup realistis, dan gedung-gedung berarsitektur indah pun ditampilkan luluh lantah akibat serangan bom.

Serial ini dibuka dengan sosok Elsie Garten (Nina Hoss) yang berjuang keras membentuk tim kepolisian berisikan warga sipil untuk mengisi kekosongan otoritas agar kehidupan warga Berlin dapat dikontrol secara baik.

Dalam beberapa hal, tindakan yang dilakukan oleh Elsie memberikan pandangan bahwa para warga Jerman belum damai sepenuhnya. Selepas perang berakhir, Elsie dan timnya harus menghadapi gejolak permasalahan kejahatan lainnya, terutama kasus pembunuhan yang langsung mereka hadapi di episode awal.

Elsie dan timnya, yang tidak pernah mempunyai pengalaman di bidang kepolisian, akhirnya mendapatkan bantuan dari Max McLaughlin (Taylor Kitsch). Dengan bergabungnya Max di dalam kelompoknya Elsie, alur cerita serial ini pun kemudian berjalan lebih dinamis karena ternyata banyak skandal kejahatan yang ditemukan.

Konsistensi Karakter Utama yang Baik

Konsistensi Karakter Utama yang Baik

Serial ini bisa dibilang menghadirkan beragam konflik cerita yang menantang dan seru untuk diikuti. Selain mengikuti pencarian saudaranya Max yang hilang di Jerman, The Defeated juga menawarkan kisah Dokter Werner “The Angel Marker” dalam merekrut wanita untuk melakukan pekerjaan kejahatannya.

Ada juga usaha Elsie bersama timnya menghadapi intrik otoritas kekuasan antara pasukan Sekutu. Terlepas dari itu, Taylor Kitsch sebagai Max McLaughlin memainkan karakter protagonisnya dengan cukup menarik. Lewat aksen Amerika yang kental, ia berbaur dengan para pemain yang rata-rata berbahasa asli Jerman.

Di serial ini, ia datang sebagai detektif yang bekerja sangat cekatan, dan tidak pernah basa- basi dalam bertindak karena sebagian besar moral kurang diperhitungkan di kala situasi kacau melanda Berlin.

Max ditemani oleh aktris Nina Hoss, yang berperan sebagai Elsie Garten. Sebagai partnernya Max, dan merupakan seorang warga Jerman asli, Nina rasanya tampil cukup solid dan menjadi sosok perempuan yang pemberani dalam serial ini.

Keduanya telah memainkan perannya masing-masing dengan lumayan apik, dan konsistensi karakter yang mereka berikan tidak membuat kejenuhan di setiap episodenya.

Serial ini memang masih terdengar asing, apalagi jika melihat dari nama-nama pemainnya. Terlebih lagi, The Defeated merupakan sebuah serial yang dikerjakan oleh sineas asal Swedia, Jerman, serta dibintangi oleh aktor Amerika.

Aksen Jerman yang kental bakal menghiasi sebagian jalan cerita serial ini, ditambah dengan Max yang memperlihatkan sosok detektif Amerika, yang sedikit “tengil” namun berpengalaman.

Drama Thriller yang Lumayan Mumpuni

Drama Thriller yang Lumayan Mumpuni

The Defeated pada akhirnya menjadi serial Netflix berlatar belakang sejarah yang sangat menarik untuk ditonton. Serial ini meski bukan sepenuhnya adalah kisah nyata, tapi penggambaran kondisi sosial warga Jerman selepas berakhir Perang Dunia II setidaknya kurang lebih mencerminkan situasi masyarakat yang sebenarnya di tahun-tahun tersebut.

Jalan cerita serial ini pun tersusun lumayan bagus, walaupun secara garis besar premisnya sedikit suram, dimana banyak kejahatan mengerikan yang terjadi, kesulitan kehidupan, dan pengkhianatan.

Selain itu, The Defeated menjadi lebih layak untuk ditonton dikarenakan penampilan solid para pemainnya, visualnya yang mengesankan, dan tema drama thriller yang disajikannya pun cukup menjanjikan.

Secara kesimpulan, serial ini patut untuk masuk ke dalam daftar rekomendasi tontonan kalian. Serial sejarah yang menyoroti Nazi, dan Perang Dunia II biasanya memiliki jalan cerita yang seru, menarik, dan menantang.

The Defeated pun kurang lebih seperti itu, dan serial ini bisa coba kalian tonton di Netflix karena sudah tayang sejak tanggal 18 Agustus 2021 kemarin. Selamat menonton!

Sumber

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *