Ponsel Anda Cepat Panas? Ini Dia 5 Penyebab dan Cara Mengatasinya!

Saat ini keberadaan ponsel merupakan suatu hal yang wajib untuk dimiliki setiap orang. Bagaimana tidak? dengan perkembangan teknologi yang semakin maju dengan pesat, mengharuskan kita sebagai manusia untuk selalu terkoneksi dengan perkembangan zaman agar mempermudah aktivitas kita sehari-hari.

Semisal, jika dulu masih terdapat media berupa surat-suratan dalam berkomunikasi, masa kini sudah hampir seluruh manusia menggunakan aplikasi chatting atau SMS sebagai media bertukar pesan. Hal ini menjadikan ponsel sebagai partner kita dalam berkegiatan.

Bentuk dan spesifikasinya yang bermacam-macam pun membantu manusia dalam menentukan ponsel apa yang paling tepat dengan kebutuhan mereka. Meski begitu, secanggih apapun sebuah perangkat teknologi, tetaplah pasti ada masanya. Seperti halnya pada ponsel yang Anda miliki sekarang.

Meskipun merupakan benda yang praktis dan modern, ponsel akan menjadi panas jika Anda gunakan secara terus menerus. Kalau sudah mengalami kejadian ini, tak menutup kemungkinan ponsel yang Anda gunakan akan melambat terkait kinerjanya. Di tulisan ini, akan dibahas mengenai penyebab HP cepat panas dan cara mengatasinya.

1. Lingkungan yang Panas

HP terkena panas

Berada di lingkungan yang panas apalagi terkena paparan sinar matahari secara langsung dapat membuat suhu ponsel Anda cepat meningkat. Yang awal mulanya suhu ponsel sudah panas dikarenakan operasional, ditambah lagi suhu panas dari luar akan membuat suhu ponsel Anda menjadi 2 hingga 3 kali lebih panas dibandingkan biasanya.

Apakah Anda pernah merasa ketika Anda meletakkan ponsel di dashboard mobil tak berapa lama ponsel yang Anda letakkan tersebut berubah menjadi panas? Nah, hal-hal tersebut sangat harus dihindari karena dapat merusak ponsel Anda dengan cepat, bahkan terdapat beberapa kasus mengenai kasus ponsel meledak dikarenakan menaruh ponsel tersebut di dashboard.

Maka dari itu, jika Anda memiliki kebiasaan meletakkan ponsel di dashboard maka mulai dari sekarang, harap perhatikan dimana letak ponsel Anda. Jangan sampai ponsel terpapar sinar matahari langsung atau sumber panas lainnya terlalu lama dan menyebabkan overheating.

2. Kecerahan Layar

Kecerahan cahaya

Poin kedua ini merupakan salah satu penyebab mengapa ponsel Anda cepat panas. Selain membuat layar cepat panas, menaikkan kecerahan layar terlalu tinggi akan memaksa baterai bekerja lebih keras hingga membuat baterai cepat habis.

Untuk mengatasinya, buatlah peraturan dimana kecerahan layar diatur secara otomatis berdasarkan situasi. Misal, pada situasi gelap, kecerahan layar akan secara otomatis menurun dan begitu pula sebaliknya.

3. Terlalu Lama Bermain Game

Main game

Bermain game dalam waktu yang lama dapat membuat ponsel Anda harus bekerja ekstra keras, sebab game merupakan salah satu aplikasi yang paling menguras baterai. Terlebih pada akhir-akhir ini banyak sekali game-game yang sedang naik daun.

Meskipun begitu, Anda perlu membatasi durasi ketika bermain game. Pemakaian dengan intensitas tinggi dan waktu yang lama akan membuat ponsel Anda cepat panas. Untuk mengatasinya, ketika dirasa bermain game sudah lama, ada baiknya Anda memberikan waktu istirahat pada ponsel Anda sejenak.

4. Sinyal Lemah

Sinyal Lemah

Poin keempat ini jarang sekali disadari oleh banyak orang. Ketika sinyal provider Anda lemah, ini membuat ponsel Anda akan lebih bekerja keras untuk mencari sinyal. Ketika proses pencarian sinyal tersebut, secara tak sadar ponsel Anda akan cepat memanas.

Bahkan ketika ponsel Anda sudah tidak digunakan, ponsel akan terus menerus mencari sinyal sehingga suhu perangkat akan semakin tinggi dan baterai pun cepat habis. Ketika Anda sudah menyadari ini, Anda bisa mengatasinya dengan cukup mematikan sinyal seluler. Jika ada WiFi di sekitar Anda, gunakanlah WiFi agar internet Anda lebih lancar dan juga mengurangi beban ponsel dalam mencari sinyal.

5. Baterai Bermasalah

baterai bermasalah_

Penyebab lainnya adalah adanya masalah pada baterai sehingga membuat ponsel Anda menjadi cepat panas. Selain cepat panas, lambat laun kinerja baterai menurun daya baterai akan cepat bocor atau cepat habis.

Kalau sudah begini, maka akan kemungkinan besar timbul masalah lainnya seperti baterai ponsel akan sulit penuh dan membutuhkan waktu yang lama ketika di charge, baterai ponsel sudah menunjukkan full namun ketika dicabut langsung mati hingga baterai yang menggelembung.

Kalau sudah begini, terdapat dua pilihan yang bisa Anda pertimbangkan yakni mengganti baterai dengan yang baru atau mengganti ponsel Anda. Apapun pilihannya, Anda bisa membeli baik baterai ataupun ponsel Anda melalui e-commerce Shopee.

Mengingat sebentar lagi akan ada Shopee 11.11 Big Sale, hal ini harus segera Anda manfaat dalam memburu promo-promo hingga diskon yang besar. Kalau Anda beruntung, Anda bisa mendapatkan satu buah smartphone hanya dengan harga yang tidak mencapai 20 ribuan, loh!

Selain itu, terdapat promo menarik lainnya mulai dari Gratis Ongkir Rp0 Seharian, Flash Sale Rp11, Diskon s/d 1,1JT Setiap Jam, Murah Lebay Diskon s/d 90%, Supermarket Sale, dan masih banyak lainnya. Tunggu apalagi? Siapkan alarm Anda, ya!

Artikel ini merupakan kerjasama antara Bacaterus.com dan Shopee.

Sumber

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *