Catatan GIIAS 2021: Indonesia Sudah Swasembada Kendaraan Bermotor

Suara.com – Dalam upacara seremoni GAIKINDO Indonesia International Auto Show atau GIIAS 2021, sebuah catatan akan semangat para pelaku industri otomotif dan sektor-sektor pendukungnya mendapatkan nilai positif.

Yohannes Nangoi, Ketua Umum GAIKINDO menyampaikan dua catatan penting dari situasi terkini industri otomotif yang sarat optimisme. Yaitu:

  1. Indonesia sudah swasembada kendaraan bermotor. Bisa atau mampu menyediakan produk otomotif bagi seluruh warganya.
  2. Kendaraan-kendaraan yang mendapatkan kebijakan PPnBM DTP adalah kendaraan diproduksi di Indonesia dengan Local Purchase lebih dari 60 persen.

Menariknya lagi, dan periode Januari–Oktober 2021, tercatat kenaikan penjualan domestik hingga 68 persen dibandingkan dengan periode yang sama di tahun lalu.

Baca Juga: Jadi Produk Perdana Pabrik Hyundai di Indonesia, Ini Daftar Harga Creta

“Sehingga terjadi antrean pemesanan dari para pembeli kendaraan. Karena itu produksi terus kami upayakan secepatnya,” lanjut Yohannes Nangoi.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto membuka pameran otomotif GIIAS 2021, didampingi Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita.

“GIIAS akan menjadi simbol semangat industri otomotif Indonesia dalam mengatasi pandemi. Sebuah tonggak positif bagi pertumbuhan industri otomotif bangsa Indonesia, GIIAS merupakan kebanggaan bangsa dan mencerminkan upaya GAIKINDO untuk terus mendorong kemajuan industri otomotif Indonesia,” tukas Yohannes Nangoi.

“Sebagai lokomotif industri, pulihnya industri otomotif akan membangkitkan kegiatan industri pendukung yang menyerap banyak tenaga kerja,” tandasnya.

Baca Juga: Astra Financial Siapkan Tujuh Lembaga Jasa Keuangan di GIIAS 2021

Selaras tagline GIIAS 2021, yaitu “Wheels to Move” yang diartikan bahwa industri otomotif Indonesia akan selalu bergerak maju bersama GAIKINDO.

“Melalui penyelenggaraan GIIAS, berbagai teknologi dan produk terbaru hasil industri otomotif, termasuk kendaraan berbasis listrik yang saat ini hadir dan diperkenalkan, mencerminkan komitmen dari industri otomotif Indonesia akan pentingnya ikut menciptakan lingkungan yang lebih bersih dan sehat,” tutur Yohannes Nangoi.

Sumber

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *