2.440 pesepeda ikuti Sriwijaya Ranau Gran Fondo 2021

Sumatera Selatan (ANTARA) – Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Sumatera Selatan menyebutkan 2.440 orang pesepeda nasional dari 200 provinsi siap mengikuti wisata olahraga Sriwijaya Ranau Gran Fondo (SRGF) 2021 dengan telah mendaftarkan diri secara daring lewat laman web panitia.

“Diprediksi jumlah peserta dapat terus bertambah sampai dengan tanggal pelaksanaan dimulai, yaitu, pada Kamis 13 November mendatang di Danau Ranau OKU Selatan,” kata Kepala Disbudpar Sumatera Selatan Aufa Syahrizal di Palembang, Selasa.

Menurut dia,  ribuan peserta tersebut menandakan SGRF sudah menjadi salah satu perhelatan wisata olahraga yang diminati masyarakat nasional.  Jumlah ini juga meningkat dibandingkan dengan SGRF 2020 yang diikuti tidak lebih dari 2.000 orang.

Dia membidik tahun ini angkanya bisa mencapai 2.700-an orang termasuk pesepeda mancanagara dan menghadapi tingginya animo peserta panitia melakukan berbagai langkah persiapan mulai dari menyiagakan tenaga medis di setiap lokasi lomba sampai vaksinasi COVID-19 untuk peserta dan berbagai persiapan lainnya.

Baca juga: Seri 2 Tour de Borobudur tempuh rute Borobudur-Nepal Van Java

“Sudah kami perhitungkan semua dalam rencana pelaksanaanya supaya peserta aman, jadi baik wisatawan domestik ataupun mancanagara diharap tidak perlu khawatir,” kata Aufa.

Ada tiga kategori lomba dalam SRGF tahun ini, yakni  ‘road bike’ yang akan menempuh lintasan sejauh 132 km, ‘mountain bike’ sejauh 68 km dan  sepeda mini berjarak tempuh 34 km.

Setiap jalur akan menyajikan keseruan tersendiri karena di balik keindahan alam Danau Ranau yang menakjubkan lintasan pacu yang curam juga bisa meningkatkan adrenalin peserta dan terpenting lagi setiap jalur yang akan dilintasi peserta sudah layak dilintasi dan aman.

“Sehingga kalian akan rugi bila tidak mengikuti SRGF tahun ini karena memang menyajikan banyak keseruan berwisata. Apa lagi akan dibuka langsung oleh Menteri Parekraf RI Sandiaga Uno,” tandas dia.

Baca juga: Kejurnas Balap Sepeda 2021 bekal atlet pelatnas menuju SEA Games Hanoi

Pewarta: Muhammad Riezko Bima Elko
Editor: Jafar M Sidik
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Sumber

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *