TNI Disarankan Lebih Berkiprah Secara Internasional

Jakarta: Peneliti Centre for Strategic and International Studies (CSIS) Fitri Bintang Timur menilai TNI perlu meningkatkan peran dalam kancah internasional. Restrukturisasi internal berkaitan peran internasional dinilai bisa menjadi salah satu solusi meminimalkan peran militer di ranah sipil.
 
“Restrukturisasi internal akan membuat TNI tidak sibuk di dalam negeri, tapi juga berkiprah secara internasional. Itu menurut saya solusi yang dilakukan untuk membuat batasan keterlibatan TNI di ranah sipil,” kata Fitri dalam diskusi daring, Senin, 8 November 2021.
 
Menurut dia, TNI memiliki peluang besar untuk meningkatkan peran dalam kerja sama militer regional dan misi perdamaian dunia. Selama ini, ujar dia, pasukan perdamaian Indonesia memiliki citra positif dan tak ada cacat pelanggaran.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?



“Ini tantangan karena Indonesia negara yang dalam penyaluran misi perdamaian sama sekali belum pernah mendapatkan pelanggaran. Jadi satu negara yang mengirim misi perdamaian tidak pernah cacat dan tidak pernah dikritik, justru dianggap aktif, proaktif, dan memiliki inovasi yang baik,” ucap dia.
 
Penempatan militer di ranah atau lembaga sipil menjadi salah satu persoalan yang banyak disorot. Hal itu ditengarai lantaran banyaknya perwira tinggi yang tidak memiliki tempat.
 
Kajian CSIS pada 2019 mencatat sekitar 500 perwira tinggi dan 50 jenderal berstatus nonjob atau tidak memiliki jabatan. Inovasi pembentukan pos jabatan struktural baru di tubuh TNI dianggap perlu untuk meminimalkannya.
 
Baca: Penempatan Militer di Ranah Sipil Dinilai Perlu Evaluasi
 
Menurut Fitri, banyak MoU TNI dengan lembaga sipil yang tugasnya kurang relevan. Dia menilai MoU itu perlu dievaluasi agar TNI fokus pada tugas pokok mempertahankan kedaulatan.
 
“Kita lihat MoU di ranah sipil, di mana TNI diperbantukan dalam penyuluhan KB (keluarga berencana) dan hal-hal yang kurang relevan bagi tugas pokok TNI. Itu bisa diminimalisasi sehingga bisa fokus untuk mempertahankan kedaulatan Indonesia,” ujar dia.
 
Sumber

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *