Groundbreaking Fasilitas Produksi Piaggio Indonesia, Menperin Sebut Sepeda Motor Listrik

Suara.com – Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita hadir dalam seremoni groundbreaking atau peletakan batu pertama pembangunan fasilitas produksi PT Piaggio Indonesia di Cikarang, Jawa Barat, Selasa (9/11/2021).

Dikutip kantor berita Antara dari pernyataan tertulis Kementerian Perindustrian, Menperin menyebutkan bahwa sepeda motor adalah salah satu moda transportasi yang sangat penting bagi masyarakat Indonesia. Sehingga potensi industri otomotif untuk mengisi pasar kendaraan bermotor masih sangat besar.

Selain itu, Menperin juga memaparkan soal produk otomotif terelektrifikasi sehubungan kebijakan pemerintah untuk terus menumbuhkan ekosistem kendaraan bertenaga listrik.

Vespa 75th Anniversary Edition resmi mengaspal di Indonesia (Istimewa)
Marco Noto La Diega, Managing Director & Country CEO PT Piaggio Indonesia bersama Vespa 75th Years Limited Edition [PT Piaggio Indonesia].

“Tidak lupa kami juga mendorong agar Piaggio dapat melakukan pengembangan teknologi elektrifikasi sepeda motor serta menjadikan Indonesia sebagai basis produksi dan hub ekspor sepeda motor ikonik Italia dari Indonesia ke dunia,” paparnya.

Baca Juga: Menperin Sebut Rasio Kepemilikan Roda Dua di Indonesia 1:6, Peluang Bisnis Terbuka Luas

Menperin optimistis pengembangan bisnis Piaggio Indonesia melalui perakitan Vespa “Made in Indonesia” bisa menjadi salah satu produk unggulan kebanggaan Indonesia.

“Selain itu, dapat meningkatkan customer loyalty serta memberikan manfaat sebesar-besarnya bagi perekonomian nasional,” tukas Menperin.

Marco Noto La Diega, Managing Director & Country CEO PT Piaggio Indonesia menyebutkan bahwa terwujudnya investasi itu tidak lepas dari dukungan Pemerintah Indonesia serta menantikan dukungan dan kerja sama selanjutnya.

“Kami percaya proyek ini akan memperkuat kontribusi PT Piaggio Indonesia di sektor otomotif, serta meningkatkan pengalaman dan keterikatan terhadap merek kami,” tandas Marco Noto La Diega.

Tak lupa, Agus Gumiwang Kartasasmita juga memberikan apresiasi terhadap pembangunan fasilitas produksi PT Piaggio Indonesia di atas lahan seluas enam hektare dengan kapasitas 10.000 unit per tahun, yang produksi pertamanya akan dimulai pada kuartal IV tahun 2022.

Baca Juga: Rayakan 10 Tahun di Indonesia, Piaggio Rilis Vespa Sprint 150 Edisi Terbatas

Menurutnya, ekspansi yang dilakukan PT Piaggio Indonesia menjadi lompatan jauh dari perusahaan pemegang brand ikonik Vespa. Upaya ini juga memberikan kontribusi positif bagi pengembangan industri otomotif nasional, terutama dari sisi peningkatan investasi, penyerapan tenaga kerja, dan pemberdayaan industri komponen lokal.

Sumber

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *