China Kembangkan Pabrik Pintar, Produksi Sepeda Motor Listrik per 30 Detik

Suara.com – China dikabarkan tengah mengerjakan proyek skala besar yang didirikan di Distrik Gangbei, Kota Guigang, Guangxi sebagai basis produksi kendaraan listrik energi baru China-ASEAN.

Tujuan dari pusat pengembangan kendaraan listrik atau Electric Vehicle (EV) ini adalah untuk memproduksi empat juta sepeda motor roda dua listrik, 500 ribu roda tiga, dan lima juta komponen suku cadang, per tahun.

Menurut pejabat Distrik, 50 perusahaan telah memulai operasi di Distrik Gangbei. Pabrik ini berdiri di lahan seluas 172.000 m persegi, dan memiliki kapasitas tahunan diperkirakan 1,5 juta unit.

Smartscooter, sepeda motor listrik pertama di dunia dengan teknologi baterai bongkar pasang (Gogoro.com).
Smartscooter, sepeda motor listrik pertama di dunia dengan teknologi baterai bongkar pasang. Sebagai ilustrasi (Gogoro.com).

Pabrik EV besar ini juga dirancang untuk membawa proses produksi ke tingkat berikutnya.

Baca Juga: Mobil Listrik BMW Jadi Official Car Sirkuit Mandalika, Ini Spesifikasinya

Menurut Autoevolution, pabrik pintar ini akan menampilkan sepuluh jalur produksi otomatis yang akan melakukan tugas pra-perakitan pada saat yang bersamaan.

Dengan demikian akan satu unit sepeda motor listrik yang akan dihasilkan setiap 30 detik. Setiap pemotongan, pembengkokan, dan pengelasan otomatis akan dipantau sistem.

Hasilnya mungkin hanya terjadi kesalahan akurasi bingkai kurang dari 0,5 mm. Perusahaan juga menyatakan bahwa ada 60 robot las yang beroperasi di pabrik saat ini, yang berarti jumlahnya akan terus meningkat.

Dalam mengembangkan pabrik pintar, China berencana untuk mempertemukan tidak kurang dari 100 perusahaan kendaraan listrik yang akan beroperasi dalam satu distrik.

Baca Juga: Pasokan BBM Semakin Langka, Minat Konsumen Beli Mobil Listrik Meningkat

Sumber

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *