Alpukat hingga Pepaya, 5 Buah Ini Bagus untuk Turunkan Kolesterol

Makanan yang dikonsumsi dapat menjadi salah satu faktor risiko penyebab kolesterol tinggi. Sebaliknya, terdapat beberapa buah yang justru bagus untuk menurunkan kolesterol. Dilansir dari NDTV, berikut 5 buah yang bisa membantu turunkan kolesterol:

Alpukat

Sumber antioksidan yang kaya, seperti vitamin K, C, B5, B6, E, dan asam lemak tak jenuh tunggal. Mengatur kadar kolesterol LDL dan HDL, serta trigliserida darah.

Tomat

Kaya akan potasium dan vitamin, antara lain vitamin A, B, K, dan C.Bantu menurunkan kolesterol,tekanan darah, dan risiko stroke.

Apel

Menurut buku ‘Healing Foods’, serat pektin dalam apel dengan folifenol antioksidan bantu kurangi kadar kolesterol LDL yang tidak sehat dan perlambat oksidasi. Polifenol juga bantu mencegah radikal bebas merusak otot jantung dan pembuluh darah.

Jeruk

Senyawa pektin dan limonoid dalam jeruk dapat kurangi kolesterol tidak sehat di dalam tubuh. Jeruk seperti lemon, jeruk limau, dan jeruk bali dapat menjaga kolesterol tetap terkendali.

Pepaya

Buah kaya serat yang bantu mengontrol tekanan darah dan mengatur kadar kolesterol tidak sehat dalam darah. Selain itu, serat dalam pepaya juga baik untuk melancarkan pencernaan.

Sumber foto:
Freepik 

Hai, Sobat Medcom.id! Kalau kamu punya video peristiwa menarik bisa mengirimkannya ke [email protected]

Sumber

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *