155 Kabupaten Kota Menunjukkan Kenaikan Kasus Covid-19

Jakarta: Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin mengingatkan protokol kesehatan harus terus diterapkan. Sebab, tren kasus covid-19 di 155 kabupaten/kota Pulau Jawa-Bali maupun luar Jawa-Bali mulai naik.
 
“Kami mengamati beberapa provinsi, kabupaten/kota yang mengalami sedikit peningkatan. Ada kabupaten kota di Jawa dan Bali ada di luar Jawa Bali, totalnya 155 kabupaten kota yang sudah ada gejala kenaikan, walaupun masih sedikit dan masih terkontrol. Ini indikasi awal untuk berhati-hati,” kata Budi Konferensi Pers Hasil Rapat Terbatas Evaluasi PPKM, Senin, 8 November 2021.
 
Presiden Joko Widodo meminta kepada jajarannya mengawasi tren kenaikan kasus Covid-19. Wilayah tersebut ada di 5 provinsi, yakni Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, dan Kalimantan Timur.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?



“Kami diminta agar segera memperhatikan kabupaten/kota terutama di 5 provinsi ini untuk diperhatikan dan kalau ada kenaikan yang lebih cepat itu harus segera ditangani,” kata Budi.
 
Di samping itu, Budi menyampaikan varian Delta plus AY.4.2 sudah sampai negara Malaysia. Hingga saat ini, varian itu belum masuk Indonesia.
 
Namun mengingat negara tetangga sudah terdeteksi subvarian Delta yang menyebabkan lonjakan kasus di Inggris, Indonesia harus lebih ketat menjaga pintu masuk. Terlebih, Indonesia akan menjadi tuan rumah pertemuan G-20 di Bali pada 2022. Kemudian, ada banyak acara internasional digelar di Tanah Air pada tahun depan.
 
Baca: Antisipasi Varian Delta AY 4.2, Pemerintah Perketat Penjagaan di Perbatasan
 
Koordinator PPKM Jawa-Bali, Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan pemerintah saat ini terus memantau perkembangan varian Delta Plus. Dia menyebut tidak tertutup kemungkinan pemerintah akan melakukan pengetatan aturan perjalanan dari luar negeri untuk mencegah masuknya varian baru.
 
“Menurut saya ini (varian AY.4.2) harus kita waspadai. Bukan tidak mungkin nanti orang datang dari luar (negeri) nanti kita bisa lakukan karantina naik jadi tujuh hari. Ini juga tidak tertutup kemungkinannya. Kami sangat hati-hati di sini,” kata Luhut.
 
Sumber

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *