Gagal Membela Timnas Indonesia di Piala AFF 2020, Marc Klok: Saya Kecewa

Bola.net – Impian Marc Klok untuk bisa membela Timnas Indonesia pada Piala AFF 2020 masih belum bisa terwujud. Hal ini terjadi karena gelandang Persib Bandung tersebut belum genap lima tahun tinggal di Indonesia.

Kegagalan membuktikan garis keturunannya ke FIFA, membuat Marc Klok masih dilarang bermain untuk Timnas Indonesia meski telah dinaturalisasi sejak 2020.

Akibatnya, Marc Klok tidak bisa bermain untuk Timnas Indonesia di Piala AFF 2020.

Pemain kelahiran Amsterdam, Belanda itu harus memenuhi kriteria lain dalam Statuta FIFA 2020 terkait akuisisi kewarganegaraan baru.

Aturan pasal ketujuh huruf d ayat iii dalam Statuta FIFA tertulis bahwa seorang pemain minimal tinggal lima tahun di wilayah barunya sebelum membela timnasnya.

Adapun, Marc Klok telah menetap di Indonesia sejak April 2017 ketika bergabung dengan PSM Makassar. Artinya, pemain berusia 28 tahun itu akan lima tahun berada di Indonesia pada April 2022.

“Beberapa hari lalu, saya menerima kabar bahwa saya belum bisa membela Timnas Indonesia pada tahun ini,” kata Marc Klok dalam akun Instagramnya, @marcklok, Senin (8/11/2021).

“Dari hati yang paling dalam, saya cukup kecewa. Sebab, saya menantikan momen bermain di turnamen paling bergengsi di Asia Tenggara pada akhir tahun ini,” jelasnya.

Sumber

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *