Pendekatan Andika Tuntaskan Masalah Keamanan di Papua Didukung

Jakarta: Komisi I DPR mendukung langkah calon Panglima TNI terpilih Jenderal Andika Perkasa yang mengutamakan komunikasi dalam mengatasi masalah-masalah ancaman keamanan di Tanah Air, utamanya di Papua. Wakil Ketua DPR dari Fraksi Partai Golkar lodewijk Freidrich Paulus menilai permasalahan Papua perlu diselesaikan dengan cara lain, selain menggunakan senjata.
 
“Dia tidak menggunakan sistem senjata utama tetapi lebih kepada sistem senjata sosial artinya komunikasi,” ungkap Lodewijk dilansir dari Media Indonesia, Jakarta, Sabtu, 6 November 2021.
 
Lodewjik mengungkapkan DPR mendukung Andika yang ingin melakukan pendekatan penyelesaian Papua dengan memanfaatkan operasi pembinaan teritorial. Satuan tempur bukan lagi satu-satunya cara yang akan digunakan TNI mengatasi masalah di Papua.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?



“Prinsip beliau disampaikan tadi bagaimana memenangkan pertempuran tanpa peperangan. Artinya ada pendekatan lunak yang dia lakukan, pendekatan sosial yang dilakukan, ujung-ujungnya masalahnya juga bisa diselesaikan. Kita berharap demikian,” ungkapnya.
 
Baca: Senjata Andika Perkasa Menangani Konflik Tak Berujung di Papua
 
Selain itu, Lodewijk menjelaskan pendekatan lunak di Papua diawali Andika dengan menggelar satuan-satuan teritorial. Satuan-satuan teritorial tersebut diambil dari seluruh prajurit angkatan darat yang tela diseleksi.
 
“Karena tetap berbicara ada kriteria khusus bagi seorang prajurit,” ujar dia.
 
Sumber

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *