Kompolnas Minta Kapolri Contoh Kepolisian Hong Kong dan Georgia

Jakarta: Kompolnas meminta Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo mencontoh kepolisian Hong Kong dan Georgia untuk membenahi integritas anggota. Komisioner Kompolnas Poengky Indarti menyatakan kedua negara tersebut berhasil mereformasi kepolisian di negaranya masing-masing.
 
“Kita melihat contoh-contoh keberhasilan reformasi Kepolisian di negara lain. Misalnya Hong Kong dan Georgia, polisi yang di masa lalu korup berhasil menjadi bersih dengan adanya hukuman yang tegas kepada pelaku, kesejahteraan ditingkatkan, serta modernisasi sarana prasarana yang sekaligus dapat memperlancar pelayanan sekaligus mengawasi kinerja anggota,” kata Poengky dilansir dari Media Indonesia, Jakarta, Sabtu, 6 November 2021.
 
Poengky menyampaikan kedua negara itu meningkatkan pengawasan terhadap polisi yang bertugas. Selain itu, ada penghargaan terhadap anggota yang berprestasi dan hukuman tegas bagi anggota yang melanggar aturan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?



Poengky menilai Indonesia memiliki polisi yang bersih dan berintegritas. Meski demikian, hal tersebut ditutupi oleh prilaku sejumlah oknum nakal yang kemudian menjadi viral di media sosial.
 
Baca: Kompolnas Kecam Pungli Sekarung Bawang Polresta Bandara Soetta
 
Maka dari itu, Poengky meminta seluruh anggota kepolisian dapat menampilkan prilaku yang bersih, jujur, dan sederhana layaknya Jenderal Hoegeng. Jenderal Hoegeng memberikan teladan kepada anggota Polri agar menjadi polisi yang bersih, jujur, dan sederhana.
 
“Jika teladan Jendral Hoegeng dapat ditiru dan dilaksanakan seluruh anggota Polri saat ini, maka Polri akan makin dicintai masyarakat,” jelasnya.
 
Sumber

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *