Hindari Dipolitisasi, Kemenkes Didesak Jelaskan Penyebab Harga PCR Berubah

Jakarta: Mantan anggota Tim Kemenangan Nasional (TKN) Jokowi-Ma’ruf Irma Suryani Chaniago meminta Kementerian Kesehatan (Kemenkes) menjelaskan secara terang benderang terkait kebijakan pengadaan polymerase chain reaction(PCR). Termasuk mengenai penetapan harga dan yang menyebabkan harga PCR berubah.
 
“Untuk itu Kemenkes harus mendengar suara publik agar membuka secara terang benderang terkait kebijakan pengadaan PCR, penetapan harga, dan apa yang melatari perubahan-perubahan kebijakan terkait harga,” kata Irma dalam keterangan tertulis, Jakarta, Sabtu, 6 november 2021.
 
Politikus Partai NasDem ini mengatakan dengan adanya penjelasan tersebut maka isu PCR tidak akan dipolitisasi dan menjadi liar. Sebab, isu ini ke arah perombakan kabinet.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?



“Kemenkes sebagai kementerian yang berwenang dalam kebijakan ini harus berani memberikan penjelasan supaya isu ini tidak liar dan merugikan Pak Jokowi sebagai presiden yang telah memberikan amanah,” ucap dia.
 
Baca: Penurunan Harga PCR Diklaim Berdasarkan Aspirasi Masyarakat
 
Irma juga meminta para relawan Jokowi menahan diri untuk tidak membuat gaduh. Apalagi mengaitkan isu PCR ke reshuffle kabinet.
 
Kegaduhan akan mengganggu fokus dan konsentrasi pemerintah dalam penanganan pandemi covid-19. Apalagi Indonesia bakal menghadapi ancaman gelombang ketiga covid-19.
 
“Yang membuat saya makin heran kok bisa-bisanya beberapa relawan ikut-ikutan menambah kegaduhan dari informasi tulisan ‘diduga’ tanpa data. Lalu, minta presiden untuk melakukan reshuffle? enggak cerdas dan justru mencederai kepercayaan presiden pada menteri yang bekerja mencari vaksin, mendorong obat terapi murah untuk covid-19,” ucapnya.
 
Sumber

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *