Sejumlah Model BMW Diproduksi Tanpa Layar Sentuh Akibat Kekurangan Chip

Suara.com – BMW dikabarkan tidak lagi menyematkan perangkat layar sentuh untuk beberapa model yang diproduksi akibat kekurangan chip semikonduktor.

Dalam sebuah unggahan di forum Bimmerfest, seorang pengguna mengungkapkan bahwa BMW mulai membuat model tanpa layar sentuh minggu lalu.

Model yang terkena dampak termasuk BME Seri 3, BMW Seri 4 Coupe and Convertible, BMW Seri 4 Gran Coupe, BMW Z4, dan semua versi BMW X5, BMW X6, dan BMW X7 saat ini.

BMW X7 sebagai ilustrasi [BMW.com].
BMW X7 sebagai ilustrasi [BMW.com].

Model yang diproduksi tanpa layar sentuh akan memiliki kode opsi 6UY untuk “Penghapusan Layar Sentuh” di stiker jendela dan pemilik kendaraan yang terkena dampak akan diberikan keringanan angsuran sebesar 500 dolar Amerika Serikat (AS) atau setara Rp 7 jutaan.

Baca Juga: Jumpa BMW dan Mercedes-Benz, Menperin Ajak Kembangkan Mobil Listrik di Indonesia

Penghapusan layar sentuh berarti sistem infotainment hanya dapat dioperasikan melalui iDrive Controller dan melalui kontrol suara. Kendaraan yang dipilih dengan Paket Asisten Parkir juga akan kehilangan Asisten Pencadangan.

Dalam sebuah pernyataan, pembuat mobil asal Jerman ini membenarkan informasi itu.

“Langkah ini merupakan hasil dari masalah rantai pasokan industri yang mempengaruhi manufaktur otomotif di seluruh dunia dan menyebabkan keterbatasan pada ketersediaan beberapa fitur,” tulis keterangan BMW, dikutip dari Carscoops

Ini bukan hanya berita buruk bagi mereka yang memesan model BMW baru, tetapi bisa berdampak pada nilai jual kembali kendaraan mereka di masa depan.

Pelanggan yang terkena dampak perlu menandatangani formulir konfirmasi pengakuan perubahan di diler BMW. Bahkan kendaraan yang tidak dilengkapi dengan layar sentuh juga memerlukan pembaruan perangkat lunak sebelum diserahkan kepada pelanggan.

Baca Juga: BMW: Desain Mobil Masa Depan Harus Lebih Berani dan Bermakna

Sumber

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *