Risma tinjau banjir bandang di Kota Batu dan beri santunan korban

Di Malang ternyata pengungsinya banyak, maka kemudian kita akan alihkan ‘bufferstock’ ke Malang

Kota Batu (ANTARA) – Menteri Sosial Tri Rismaharini meninjau dampak kerusakan akibat banjir bandang di Dusun Gintung, Desa Bulukerto, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu, Jawa Timur pada Jumat (5/11) malam, setelah berkunjung dari Majalengka, Jawa Barat.

Selain meninjau kerusakan yang terjadi di daerah-daerah itu, ia juga memberikan santunan kepada para korban luka dan ahli waris korban meninggal dunia.

“Saya ke sini memang karena ada korban yang harus kita berikan santunan,” ujarnya saat ditemui di Posko Siaga Tagana Balai Kesenian Bulukerto.

Korban meninggal dunia terdata enam orang dan korban luka lima orang. Tiga orang lainnya masih dalam pencarian petugas penyelamatan.

Risma memberikan santunan kepada ahli waris korban meninggal dunia, masing-masing Rp15 juta, korban luka masing-masing Rp5 juta.

Bantuan lainnya yang diberikan Kementerian Sosial berupa paket makanan cepat saji, “kidsware”, “family kit”, makanan bayi, serta tenda dan matras guna keperluan pengungsi.

Baca juga: BNPB menyarankan penetapan status tanggap darurat bencana di Kota Batu

Di lokasi bencana, tampak batang pohon besar yang terbawa banjir bandang, dua rumah yang hancur akibat terjangan air bah.

Risma juga meninjau kesiapan dapur umum yang dibangun di Posko Siaga Tagana. Di tempat itu, lima orang mengungsi akibat dampak banjir bandang.

Ia juga mendapat kabar bahwa pengungsi banjir bandang di Kabupaten Malang, Jawa Timur, jumlahnya cukup banyak, karena melanda empat desa.

Oleh karena itu, Risma berencana mengalihkan “bufferstock” atau lumbung sosial ke wilayah terdampak banjir bandang di Kabupaten Malang.

“Di sini sudah ‘over’ (berlebih), dan pengungsi tidak terlalu banyak dan mengungsi di keluarga masing-masing. Di Malang ternyata pengungsinya banyak, maka kemudian kita akan alihkan ‘bufferstock’ ke Malang,” ujar dia.

Dalam kesempatan yang sama, ia juga mengatakan telah mengirim bantuan untuk banjir bandang yang menerjang Malaipea, Kecamatan Alor Tengah, Kabupaten Alor, Nusa Tenggara Timur (NTT),

Banjir bandang terjadi di Kota Batu pada Kamis (4/11), kurang lebih pukul 14.00 WIB, menyebabkan enam wilayah terdampak, yakni Dusun Sambong, Desa Bulukerto, Kecamatan Bumiaji, Jalan Raya Dieng, Desa Sidomulyo, Kecamatan Batu, dan Dusun Beru, Desa Bulukerto, Kecamatan Bumiaji.

Selain itu, Desa Sumber Brantas, Kecamatan Bumiaji, Jalan Raya Selecta, Desa Tulungrejo, Kecamatan Batu, dan Dusun Gemulo, Desa Punten, Kecamatan Bumiaji.

Baca juga: BMKG: Banjir bandang di Kota Batu akibat hujan intensitas ekstrem
Baca juga: BPBD Kota Batu mulai lakukan pendataan kerusakan akibat banjir bandang
Baca juga: Korban jiwa akibat banjir bandang di Kota Batu bertambah

Menteri Sosial Tri Rismaharini memberikan santunan kepada korban dan ahli waris tampak bencana banjir bandang di Dusun Gintung, Desa Bulukerto, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu, Jawa Timur, Jumat (5/11/2021). (ANTARA/Devi Nindy)

Pewarta: Devi Nindy Sari Ramadhan
Editor: M. Hari Atmoko
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Sumber

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *