Indonesia Siapkan Strategi Pembiayaan Biru

Jakarta: Indonesia bekerja sama dengan UNDP membahas strategi pembiayaan biru untuk perkuat ekonomi negara kepulauan anggota AIS (Archipelagic and Island States) Forum.
 
“Mengembangkan strategi untuk membiayai transisi ke model ekonomi berkelanjutan sangatlah penting, jika negara-negara ingin beralih dari ‘hanya komitmen’ iklim menuju aksi iklim,” kata Deputi Bidang Koordinasi Kedaulatan Maritim dan Energi Basilio Dias Araujo dalam keterangan tertulis, Sabtu, 6 November 2021.
 
Ia menjelaskan pentingnya dokumen strategis ini disusun sebagai panduan umum pembiayaan biru yang menjadi dasar dalam pemilihan proyek biru. Termasuk mendefinisikan instrumen-instrumen keuangan biru yang relevan terhadap publik sektor sehingga membuka capital market.

Apa itu ekonomi biru?

Ekonomi biru juga telah menjadi isu global yang mulai banyak dibicarakan dalam satu dekade terakhir sebagai suatu konsep pembangunan berkelanjutan melampaui ekonomi hijau.
 
Ekonomi biru berkaitan dengan perubahan iklim, karena dianggap sebagai solusi yang mendorong pembangunan berkelanjutan dan bertumpu pada peningkatan kesejahteraan masyarakat lokal. Secara ekonomi global, ekonomi biru diperkirakan telah menghasilkan pendapatan antara USD3 triliun hingga USD6 triliun per tahun.
 
“Kebutuhan anggaran pembangunan sangat besar pada sektor kelautan jadi peluang bagi pemerintah dalam mengembangkan instrumen pembiayaan,” terang dia.
 

Lebih lanjut, strategi pembiayaan viru memprioritaskan prinsip keberlanjutan. Strategi tersebut membantu investor menyalurkan pendanaan mereka melalui berbagai instrumen keuangan ke proyek-proyek pembangunan yang memiliki dampak besar terhadap keberlanjutan.
 
“Strategi pembiayaan biru merupakan elemen penting dari SDGs Government Securites Framework yang telah diterbitkan Pemerintah Indonesia pada September 2021,” ucap Deputi Basilio.
 
Sebagai bagian dari strategi pembiayaan biru, Indonesia saat ini sedang mengembangkan obligasi biru (sukuk) yang akan diluncurkan pada 2022.
 
Head of Ocean Plastic Pollution and International Blue Finance, UK Department for Environment, Food and Rural Affairs Briony Coulson menjelaskan komitmen Pemerintah Inggris untuk berinvestasi di lingkungan laut.
 

Blue Planet Fund (BPF) merupakan bagian dari janji Pemerintah Inggris untuk menyediakan pembiayaan bagi lingkungan sebesar tiga miliar poundsterling, sebagai bagian dari komitmen keuangan iklim internasional Inggris.
 
Sumber

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *