Hati-hati, Jangan Asal Pilih Kacamata Hitam untuk Motoran

Suara.com – Untuk yang biasa berkendara siang hari, menggunakan kacamata hitam menjadi alternatif praktis untuk tetap tampil stylish. Biasanya, dipilih model sporty yang pas mengikuti lekuk wajah.

Tapi sebelum memilih kacamata hitam untuk berkendara motor, ada beberapa catatan khusus yang harus diperhatikan, seperti dikutip dari Suzuki Indonesia. Yaitu:

UV protection

  • Sebaiknya pilih kacamata dengan fitur perlindungan UV protection. Kacamata ini berfungsi untuk meminimalkan pancaran sinar ultraviolet (UV) yang menyerang mata. Selain itu, dengan fitur UV protection, pengguna akan merasa nyaman karena pandangan lebih teduh.
Ilustrasi helm. [Shutterstock]
Ilustrasi helm dan kacamata [Shutterstock]

Pemilihan lensa

Baca Juga: Industri Sepeda Motor Diprediksi Akan Mengalami Krisis Magnesium

  • Ada banyak jenis lensa yang bisa dipilih. Namun untuk berkendara, sebaiknya pilih kacamata hitam dengan lensa berbahan polarized. Bahan ini berfungsi sebagai photo chromatic atau mampu menyerap sinar matahari hingga 98 persen, dan mampu menyesuaikan dengan sinar UV.
  • Dengan kata lain, saat berada di dalam ruangan, lensa kacamata akan berubah jadi terang sehingga pandangan bisa lebih luas, dan saat berada di luar ruangan, secara otomatis lensa akan berubah jadi gelap sehingga sinar matahari tidak akan membuat silau.

Dilengkapi antigores

  • Kacamata untuk berkendara kebanyakan digunakan di luar ruangan, dan berisiko terpapar debu. Untuk memaksimalkan fungsinya, sebaiknya pilih jenis lensa yang punya daya scratch resistant atau antigores. Harganya memang sedikit mahal, tapi kualitas yang diberikan bisa diandalkan untuk menunjang aktivitas saat berkendara.

Frame yang nyaman

  • Selain fokus kepada lensa, harus memilih kacamata dengan frame yang nyaman dan didesain untuk mengikuti kontur wajah (desain sporty atau melengkung sesuai bentuk wajah).
  • Pastikan juga memilih frame yang tidak terlalu berat, tapi kuat. Selain itu, pastikan juga gagang frame-nya lentur dan tidak menghalangi saat menggunakan helm.

Pilih helm double visor

  • Kalau ingin yang lebih praktis, bisa memilih helm dengan fitur double visor atau yang memiliki kacamata hitam di dalamnya. Helm jenis ini bisa diandalkan untuk berkendara di siang atau malam hari.
  • Tapi ingat, pastikan kualitas visor dalamnya baik atau setara dengan kacamata hitam yang biasa dikenakan.

Sumber

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *