Best 5 Oto: Etika di Jalan Tol dengan Aturan 3 Detik, Banjir Pesanan Honda S660

Suara.com – Etika di jalan tol, 3 detik, Honda S660, purna produksi, sandal, sepeda motor, mobil listrik, survei, pertolongan pertama, mobil terendam air, dan antisipasi kecelakaan menjadi highlights dari lima artikel rekomendasi kanal otomotif Suara.com.

Mengemudikan kendaraan di jalan tol memerlukan etika berkendara seperti jarak aman dengan mobil lain, memberikan ruang gerak bagi pengguna lain, patuh peraturan lalu lintas, sampai memahami batas kecepatan.

Di sini tersedia wacana tentang etika di jalan tol, salah satu hal terpenting adalah menjaga jarak dengan mobil lain dengan berselang 3 detik menggunakan patokan statis. Bagaimanakah penjabarannya?

Di pentas otomotif global, Honda S660 memasuki masa purna produksi. Yang terjadi sungguh mengharukan. Terjadi lonjakan pemesanan sehingga pabrikan memberikan alokasi khusus bagi 600 dan 60 unit mobil yang dibuat.

Beralih ke produksi mobil listrik, telah dilakukan sebuah survei di Britania Raya tentang minat konsumen terhadap produk elektrifikasi.

Hasilnya, banyak responden menginginkan membeli mobil listrik, dipicu kondisi langka Bahan Bakar Minyak (BBM). Kejadian melanda Britania Raya sebagai imbas dari Britain Exit atau Brexit yang menghapus kebijakan free movement untuk tenaga kerja.

Akibatnya Britania Raya kekurangan sopir atau pengemudi truk kelas berat termasuk untuk keperluan sebagai pemasok BBM. Jadilah kelangkaan bahan bakar yang menimbulkan panic attack.

Kemudian juga ada artikel tips tentang pertolongan pertama bagi mobil terendam air. Beberapa imbauan antara lain adalah tidak menyalakan sistem kelistrikan kendaraan dan gunakan jasa towing atau angkut mobil untuk mencegah kerusakan makin parah.

Dan sebagai penutup adalah alasan pantang menggunakan sandal untuk berkendara dengan sepeda motor. Di antaranya kulit bisa melepuh terkena mesin yang tengah aktif bekerja.

Selamat membaca lima artikel rekomendasi kanal otomotif Suara.com, selamat berakhir pekan, dan jaga selalu kesehatan pribadi, keluarga, dan sekitar dengan menerapkan protokol kesehatan termasuk mengenakan masker.

1. Terjadi Banjir Pesanan Honda S660 Setelah Model ini Dikabarkan Segera Stop Produksi

Honda S660 tampak buritan, perhatikan desain serunya sebagai Kei-car [Autoevolution].
Honda S660 tampak buritan, perhatikan desain serunya sebagai Kei-car [Autoevolution].

Honda dikabarkan kebanjiran pesanan setelah mengutarakan niatnya untuk berhenti produksi Honda S660.

Di situs web Honda, perusahaan mengatakan bahwa alokasi unit Honda S660 yang tersisa terjual lebih cepat dari yang diperkirakan. Pembuat mobil juga meminta maaf kepada konsumen yang belum bisa mendapatkan unit di awal tahun ini.

Baca selengkapnya

2. Pasokan BBM Semakin Langka, Minat Konsumen Beli Mobil Listrik Meningkat

Jaguar I-Pace EV400 AWD, sebagai contoh produk Britania Raya bertenaga listrik [Suara.com/ukirsari Ingram].
Jaguar I-Pace EV400 AWD, sebagai contoh produk Britania Raya bertenaga listrik [Suara.com/ukirsari Ingram].

Volkswagen Financial Services melakukan studi terhadap 2.000 pengemudi di Inggris, dan menghasilkan temuan bahwa 35 persen pemilik mobil cenderung akan menggunakan mobil listrik.

Bukan tanpa alasan, hal ini merujuk pada kasus kekurangan pasokan bahan bakar yang baru-baru ini terjadi di Britania Raya. Awalnya karena kurangnya tenaga pengemudi Heavy Goods Vehicle atau HGV akibat Britain Exit atau Brexit.

Baca selengkapnya

3. Berkendara di Jalan Tol, Taati Peraturan Mengemudi dan Gunakan Patokan Jarak Aman 3 Detik

Aktivitas di ruas jalan Tol JORR, Jakarta. Sebagai ilustrasi jalan tol [Suara.com/Alfian Winanto]
Aktivitas di ruas jalan Tol JORR, Jakarta. Sebagai ilustrasi jalan tol [Suara.com/Alfian Winanto]

Jalur tol adalah solusi pengurai kepadatan lalu lintas, juga lebih sering dipilih pengemudi karena dirasa lebih dapat memberikan kelancaran dan kecepatan saat berkendara dibandingkan jalur biasa.

Akan tetapi, para pengemudi terkadang menyepelekan aturan-aturan saat berkendara di dalam tol. Secara disadari atau tidak, dengan menganggap enteng aturan ini sebenarnya berpotensi menyebabkan hal-hal yang tidak diinginkan.

Baca selengkapnya

4. Hindari Naik Motor Pakai Sandal, Ini Alasannya

Ilustrasi sandal jepit (Pexels/Lara Santos)
Ilustrasi sandal jepit (Pexels/Lara Santos)

Sepatu adalah alas kaki yang ideal bagi pengendara motor, karena mampu membungkus kaki dengan sempurna. Hal ini tentu akan berbeda jadinya ketika kita menggunakan sandal saat berkendara motor.

Meski praktis, pemakaian sandal untuk naik motor justru sangat berisiko. Memang ada kalanya pengendara motor membawa sandal sebagai jaga-jaga kalau hujan di jalan. Jadi, sepatu bisa disimpan dan berganti dengan sandal.

Baca selengkapnya

5. Ini Pertolongan Pertama Saat Mobil Terendam Banjir

Ilustrasi banjir [Shutterstock]
Ilustrasi banjir [Shutterstock]

Pemilik kendaraan khususnya mobil perlu waspada jika sudah masuk musim hujan. Sebagian wilayah di Indonesia memiliki intensitas tinggi dan berpotensi terjadi banjir. Bila sudah demikian, maka mobil berisiko terendam air.

Jika mobil terendam banjir, perlu segera diatasi, karena bisa merusak komponen. Kondisi seperti ini bisa merusak komponen kendaraan dan tentunya merugikan secara finansial karena pemilik harus mengeluarkan kocek lebih untuk melakukan perbaikan di bengkel.

Baca selengkapnya

Sumber

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *